Tampubolon, Heriyanti (2019) Formulasi Perancangan Pengukuran Kinerja (Studi Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kinerja pemerintah daerah kini banyak mendapat sorotan. Masyarakat mulai mempertanyakan manfaat yang mereka peroleh atas pelayanan publik. Saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal menggunakan LAKIP sebagai laporan kinerja. Namun kinerja yang tergambar didalam LAKIP sering justru bukanlah kondisi sesungguhnya. SAKIP masih terbatas pada penentuan visi, misi dan tujuan organisasi. Formulasi masih bersifat input program, yaitu rasio antara rencana dan realisasi, belum komprehensif, format pelaporan SAKIP belum melakukan pengukuran terhadap indikator-indikator kinerja yang lebih bersifat intangible. Tujuan dari peneltian ini adalah : (1) Memformulasikan rancangan sistem pengukuran kinerja berbasis BSC pada Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal, (2) Memformulasikan rancangan peta strategis yang relevan untuk Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal dan (3) Menganalisis hasil pengukuran kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal berbasis BSC pada Tahun Anggaran 2018. Metode yang digunakan adalah AHP dan BSC yang terdiri 4 perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Hasil formulasi rancangan sistem pengukuran kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal menghasilkan 10 sasaran strategis dan 17 Indikator Kinerja Utama (IKU). (2) Berdasarkan hasil perhitungan pembobotan AHP maka rancangan Peta Strategis Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal adalah prioritas pertama yaitu perspektif pelanggan (0.557), prioritas kedua yaitu perspektif keuangan (0.273), prioritas ketiga yaitu perspektif proses bisnis internal (0.087) dan prioritas keempat yaitu perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (0.083). (3) Sedangkan hasil pengukuran kinerja Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal pada tahun 2018 secara keseluruhan 71.97% (merah=kurang). Skor kinerja tertinggi adalah perspektif pembelajaran dan pertumbuhan 85.48% (kuning=cukup baik), skor kinerja perspektif proses bisnis internal adalah 75.72% (merah=kurang baik), skor perspektif keuangan adalah 70.24% (merah=kurang baik) dan skor kinerja perspektif pelanggan skor adalah 70.22% (merah=kurang baik).
English Abstract
The performance of local government is on the spotlight. People are questioning the benefit that they get from public services. The Transportation Department of Mandailing Natal Regency currently uses LAKIP as their performance report. However, the performance described in LAKIP is in fact not the real condition. SAKIP is still limited to determining organization’s vision, mission, and objectives. The formulation is still program input, which is the ratio between plan and realization, not a comprehensive one. The format of SAKIP reporting does not measure intangible performance indicators. The objectives of this study are (1) to formulate BSC-based performance measurement system for the Transportation Department of Mandailing Natal Regency, (2) to formulate a relevant strategic map for the Transportation Department of Mandailing Natal Regency, and (3) to analyze the BSC-based performance measurement result of the Transportation Department of Mandailing Natal Regency in the fiscal year of 2018. This study uses AHP and BSC method, consisting of four perspectives: financial, customer, internal business process, and learning and growth. This study finds that (1) the formulation of performance measurement system of the Transportation Department of Mandailing Natal produces ten strategic goals and seventeen Main Performance Indicators (IKU), (2) based on the AHP weighing, the first priority of the strategic map for the Transportation Department of Mandailing Natal Regency is customer perspective (0.557), the second is financial perspective (0.273), the third is internal business process (0.087), and the fourth is learning and growth (0.083), and (3) the overall performance of the Transportation Department of Mandailing Natal Regency in 2018 is 71.97% (red=poor). The highest performance is learning and growth with 85.48% (yellow=fair), followed by internal business process with 75.72% (red=poor), financial with 70.24% (red=poor), and customer with 70.22% (red=poor).
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.312 5/TAM/f/2019/041910494 |
Uncontrolled Keywords: | PERFORMANCE RATING (EVALUATION)-MANAGEMENT |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation) |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 03:02 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 03:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182395 |
Actions (login required)
View Item |