Khirana, Ananda Ayu (2020) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Starbucks Reserve Dewata Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Starbucks Reserve Dewata Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui ada tidaknya pengaruh dari experiential marketing yang diberikan oleh Starbucks Reserve Dewata dalam mempengaruhi loyalitas pelanggannya. Experiential marketing memiliki lima dimensi yaitu sense (X1), feel (X2), think (X3),act (X4) dan relate (X5) dengan variabel Y yaitu loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Dengan menggunakan kuesioner online yang dibagikan kepada 96 responden pengunjung Starbucks Reserve Dewata Bali yang telah melakukan pembelian lebih dari dua kali. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yang tidak melalui teknik acak dikarenakan tidak semua populasi memiliki peluang yang sama sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linier berganda untuk menguji dua dimensi terkait. Hasil ujia koefisien determinasi ditemukan bahwa sebesar 38,1% menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara dimensi sense (X1), feel (X2), think (X3),aAct (X4) dan relate (X5) mampu berkontribusi 38.1% terhadap variabel Y yaitu loyalitas pelanggan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel independen terhadap loyalitas pelanggan yang memiliki pengaruh positif signifikan adalah dimensi think dan act. Sedangkan dimensi sense, feel dan relate tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
English Abstract
his study discusses the influence of experiential marketing on customer loyalty at Starbucks Reserve Bali. This study aims to determine whether there is an influence from the marketing experience provided by Starbucks Dewata Reservation in influencing customer loyalty. Marketing experience has five dimensions namely sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4) and relate (X5) with the variable Y of customer loyalty. This research uses explanatory quantitative methods using a questionnaire as a method of collecting data. By using an online questionnaire that was distributed to 96 respondents of Starbucks Reserve Dewata Bali who had made purchases more than twice. The sampling technique in this study uses nonprobability sampling techniques that do not go through sample collection techniques that are not in accordance with the research sample. This study uses multiple linear regression data analysis to provide two related dimensions. The results of the determination coefficient test found at 38.1% indicate that there is a relationship between the dimensions of sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4) and related (X5) can contribute 38.1% to the Y variable customer loyalty. From the results of this study it can be concluded about the independent variable of customer loyalty that has a significant positive correlation is the dimension of think and act. While the dimensions sense, feel and relate are not significant to customer loyalty.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520110004 |
Uncontrolled Keywords: | Experiential Marketing, Loyalitas Pelanggan, Starbucks Reserve Dewata, Experiential Marketing, Customer Loyalty, Starbucks Reserve Dewata Bali |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 04:41 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 07:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181962 |
Text
Ananda Ayu Khirana.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |