Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kental Manis Frisian Flag (Studi Kasus Di Kota Malang, Jawa Timur)

Ramadhan, Pradipta Ratrikala (2019) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Kental Manis Frisian Flag (Studi Kasus Di Kota Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu industri susu kental manis yang mengalami pertumbuhan yang baik berdasarkan brand share pada 2010 adalah Frisian Flag dengan brand share sebesar 84%. Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin pesat membuat perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk-produknya dengan tidak mengabaikan kualitas produk untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap produk yang dihasilkan perusahaan. PT Frisian Flag melakukan bermacam-macam strategi untuk mempengaruhi minat beli konsumen. Salah satu strategi yang diterapkan adalah dengan melakukan pengembanganpengembangan atribut produk yang dimiliki PT. Frisian Flag. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh variabel atribut produk yang terdiri dari kemasan, merek, harga dan kualitas secara bersama-sama dan parsial terhadap keputusan pembelian, serta Memberikan rekomendasi perbaikan atribut produk susu kental manis Frisian Flag untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel bebas yaitu atribut produk yang terdiri dari Kemasan (X1), Merek (X2), Harga (X3), Kualitas (X4) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Penelitian dilakukan di Kota Malang dengan jumlah sampel 100 konsumen susu kental manis Frisian Flag yang tinggal di kota Malang, pernah mengkonsumsi kental manis Frisian Flag, melakukan pembelian sebanyak minimal 1 kali dalam 1 minggu terakhir, serta berusia 17-55 tahun karena dianggap sebagai usia produktif sehingga dianggap telah mampu membeli produk kental manis Frisian Flag. Teknik pengambilan sampel yangviii digunakan adalah judgement sampling atau purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1-5. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel atribut produk (X) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Uji F dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara simultan terhadap variabel terikat. Uji t dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat. Model hasil analisis regresi adalah Y = 0.281 + 0.161 X1 + 0.167 X2 + 0.250 X3 + 0.424 X4. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa atribut produk yaitu Kemasan (X1), Merek (X2), Harga (X3), Kualitas (X4) secara parsial dan secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian adalah kualitas produk susu kental manis Frisian Flag.

English Abstract

One of the sweetened condensed milk industry that experienced good growth based on brand share in 2010 is Frisian Flag with Brand share of 84%. Competition in the rapidly growing business world makes the company demanded to innovate and develop its products by not ignoring the quality of the product to safeguard and increase public confidence in the products Generated by the company. PT Frisian Flag conducts various strategies to influence the buying interest of consumers. One of the strategies implemented is to develop the attributes of the product that is owned by PT. Frisian Flag. The purpose of this research is to analyze the influence of product attribute variables consisting of packaging, brand, price and quality together and partial to purchasing decisions, as well as providing recommendations on improving the attributes of condensed milk products Frisian Flag's sweet to improve consumer buying decisions. The type of research used is explanatory research with a quantitative approach. The variables used in this study are the free variables i.e. product attributes consisting of packaging (X1), Brand (X2), Price (X3), quality (X4) as well as bound variables i.e. purchase decision (Y). The research was conducted in Malang with 100 samples of consumers of sweetened condensed milk Frisian Flag who live in Malang city, have consumed the sweetest Frisian Flag, made a purchase at least 1 time in the last 1 week, and aged 17-55 years because it is considered as a productive age so it is considered to have been able to buy Frisian Flag sweetened condensed products. Sampling techniques used are judgement sampling or purposive sampling. The data collection method uses a questionnaire with a Likert 1-x 5 scale. Multiple linear regression analyses were used to determine the influence of product attribute variables (X) to consumer buying decisions (Y). The F test is performed to determine the simultaneous effect of free variables against bound variables. The t test is performed to determine the influence of free variables partially against a bound variable. The regression analysis result Model is Y = 0281 + 0161 X1 + 0167 X2 + 0250 X3 + 0424 X4. The hypothesis test results show that the product attributes are packaging (X1), Brand (X2), Price (X3), quality (X4) partially and jointly significantly affect the purchase decision (Y). The most influential variable on purchasing decisions is the quality of Frisian Flag's sweetened condensed dairy products

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/388/052002598
Uncontrolled Keywords: Atribut Produk, Keputusan Pembelian, Susu Kental Manis, product attributes, purchasing decisions, sweetened condensed milk
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:20
Last Modified: 18 Aug 2020 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181489
[thumbnail of PRADIPTA RATRIKALA RAMADHAN (2).pdf] Text
PRADIPTA RATRIKALA RAMADHAN (2).pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item