Analisis Pengaruh Psikologis Konsumen Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Es Krim Aice Di Kota Malang

Apriliyanto, Bagus Tri (2019) Analisis Pengaruh Psikologis Konsumen Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Es Krim Aice Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Es krim dengan merk dagang Aice, merupakan salah satu lini produk beverage Singapore Aice Group Holding yang berada di Singapura. Fenomena yang sedang berkembang saat ini dimana konsumen gemar melakukan pembelian terhadap salah satu jenis produk es krim. Persaingan antar industri es krim pun berkembang seiring dengan kegemaran orang mengkonsumsi es krim sebagai makanan penutup (Dessert) mereka sehari-hari. Dalam persaingan antar industri es krim, maka suatu perusahaan harus selalu beradaptasi dengan konsumen. Keanekaragaman konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari diri konsumen maupun luar konsumen. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor psikologis dan bauran pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel psikologis dan bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam pembelian es krim Aice di Kota Malang dan menganalisis pengaruh keputusan pembelian terhadap kepuasan konsumen terhadap es krim Aice di Kota Malang. Penelitian ini dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) dengan variabel bebas yaitu psikologis konsumen dan bauran pemasaran, variabel terikat yaitu keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan sebanyak 100 kuesioner yang diisikan oleh responden yang pernah membeli dan mengkonsumsi es krim Aice minimal 2 kali dalam kurun waktu 3 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa psikologis konsumen memiliki pengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelianxiv dan kepuasan konsumen. Variabel bauran pemasaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel keputusan pembelian tidak terbukti memediasi pada hubungan psikologis konsumen terhadap kepuasan konsumen. Keputusan pembelian dapat memediasi secara penuh hubungan bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Variabel keputusan pembelian diketahui memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.

English Abstract

Ice cream with the Aice trademark, is one of Singapore Aice Group Holding's beverage product lines in Singapore. A phenomenon that is currently developing where consumer like to purchase one type of ice cream product. Competition between the ice cream industry also developed along with the hobby of people consuming ice cream as their daily dessert. In order to remain competitive between the ice cream industry, a company must always adapt to consumers. The diversity of consumers in meeting their daily needs can be influenced by various factors both from the consumers and outside consumers. Some factors that can influence consumer behavior include psychological factors and marketing mix. The purpose of this study was to analyze the effect of psychological variable and marketing mix on consumer decision in purchasing Aice ice cream in Malang City and analyze the effect of purchasing decision on consumer satisfaction with Aice ice cream in Malang City. This research was conducted using the Partial Least Square method with independent variables namely consumer psychology and marketing mix, the dependent variable is purchasing decisions and customer satisfaction. Data retrieval is done by spreading as many as 100 questionnaires filled out by respondents who have bought and consumed Aice ice cream at least 2 times within 3 months. The results of the study show that consumer psychology has no significant influence on purchasing decision and customer satisfaction. Marketing mix variables have a significant influence on purchasing decision. Purchase decision variables are not proven to mediate on the psychological relationship of consumers to customer satisfaction. Purchasing decision can mediate in fullxvi the marketing mix relationship to customer satisfaction. Purchase decision variables are known to have a significant influence on customer satisfaction

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/410/052002396
Uncontrolled Keywords: Aice, Bauran Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Psikologis Konsumen., Aice, Marketing Mix, Customer Satisfaction, Purchasing Decision, Consumer Psychology
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:19
Last Modified: 21 Oct 2021 08:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181473
[thumbnail of BAGUS TRI APRILIYANTO (2).pdf]
Preview
Text
BAGUS TRI APRILIYANTO (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item