Perancangan Kemasan Kecap Manis Menggunakan Metode Kansei Engineering

Sitepu, Friskalia Monica (2019) Perancangan Kemasan Kecap Manis Menggunakan Metode Kansei Engineering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan industri kecap manis yang ketat terlihat dari tingginya tingkat keleluasaan konsumen dalam memilih merek kecap manis. Adanya persaingan yang ketat serta munculnya kompetitor-kompetitor baru membuat produsen kecap manis berusaha melakukan inovasi. Perancangan kemasan merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan produsen kecap manis untuk mempertahankan pangsa pasarnya. Dalam perkembangannya kemasan tidak hanya berfungsi sebagai wadah untuk melindungi produk, tetapi juga berfungsi sebagai media promosi dan informasi. Tujuan penelitian adalah merancang kemasan kecap manis yang sesuai dengan keinginan konsumen menggunakan metode kansei engineering. Kansei engineering merupakan sebuah metode yang menerjemahkan proses-proses psikologis manusia terhadap desain produk yang diinginkan, dengan cara mendefinisikan keinginan konsumen yang teridentifikasi melalui kata-kata kansei ke dalam desain produk. Kuesioner yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner semantic differential dengan 5 skala penilaian. Analisis faktor dilakukan untuk menentukan keterkaitan antar kata kansei dan menyederhanakannya tanpa menghilangkan informasi penting. Analisis konjoin juga dilakukan untuk mengetahui hubungan antara elemen desain dan kata kansei, sehingga rancangan desain kemasan kecap manis yang diinginkan konsumen dapat diketahui. Perancangan desain kemasan kecap manis dilakukan menggunakan salah satu aplikasi desain. Berdasarkan hasil penelitian, desain kemasan kecap manis yang diinginkan oleh konsumen adalah desain kemasan yangviii aman, awet, bercorak, elegan, ergonomis, fleksibel, informatif, inovatif, komunikatif, menarik, modern, mudah disimpan, rapi, unik dan warna terang. Kata kansei kemudian dikelompokkan menjadi tiga faktor yaitu faktor personalitas, kemudahan penggunaan dan kreativitas. Hasil analisis konjoin, prioritas elemen desain kemasan kecap manis yang dipentingkan konsumen secara berurutan adalah bentuk (39,075), aksesoris (26,596), label (16,602), bahan (11,880) dan warna (5,847). Rancangan desain kemasan kecap manis yang sesuai dengan keinginan konsumen adalah kemasan yang terbuat dari bahan plastik, berbentuk standing pouch, label menggunakan pressure sensitive label, berwarna full color serta memiliki aksesoris flip top. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan kata kansei yang lebih spesifik misalnya mudah dibawa dan mudah diambil isinya. Evaluasi terhadap desain kemasan yang dihasilkan juga perlu dilakukan. Dalam pembuatan kuesioner perlu ditambahkan pertanyaan terbuka untuk memperoleh informasi yang lebih detail mengenai keinginan konsumen terhadap kemasan suatu produk.

English Abstract

The increasingly intense competition for sweet soy sauce has been seen from the high flexibility of consumers in choosing the sweet soy sauce brand. The existence of intense competition and the emergence of new competitors make sweet soy sauce producers try to innovate. Packaging design is one form of innovation that can be done by sweet soy sauce producers to maintain its market share. In its development the packaging not only functions as a container to protect the product, but also functions as a promotional and information media. This study aimed to design a sweet soy sauce package that was in accordance with the wishes of consumers using the kansei engineering method. Kansei engineering is a method that translates human psychological processes into the design of the desired product, by defining the desires of consumers identified through kansei words into product design. The questionnaire used in this study is a semantic differential questionnaire with 5 rating scales. Factor analysis is done to determine the interrelationship between kansei words and simplify them without removing important information. Conjoint analysis was also carried out to determine the relationship between design elements and kansei words, so that the design of the sweet soy sauce packaging that consumers wanted could be known. The design of the sweet soy sauce packaging design was carried out using one of the design applications. Based on the research results, the design of the sweet soy sauce packaging desired by consumers is a packaging design that is safe, durable, patterned, elegant, ergonomic, flexible, informative, innovative, communicative, attractive, modern,x easily stored, neat, unique and bright colors. The kansei word is then grouped into three factors, namely personality, ease of use and creativity. The results of conjoint analysis, the priority elements of the design of the sweet soy sauce packaging that are important to consumers in sequence are shape (39,075), accessories (26,596), labels (16,602), materials (11,880) and colors (5,847). The design of the sweet soy sauce packaging design according to the customer's wishes is a package made of plastic, in the form of a standing pouch, the label uses a pressure sensitive label, full color in color and has flip top accessories. Future research can use more specific kansei words such as easy to carry and easy to take contents. An evaluation of the packaging design produced also needs to be done. In making a questionnaire, an open question needs to be added to obtain more detailed information about consumer desires for the packaging of a product

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/235/02002060
Uncontrolled Keywords: Kansei engineering, Keinginan konsumen, Kemasan kecap manis, Consumer desires, Kansei engineering, Sweet soy sauce packaging
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.09 Packaging
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:34
Last Modified: 10 Aug 2020 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181341
[thumbnail of Friskalia Monica S. (2).pdf] Text
Friskalia Monica S. (2).pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item