Sianturi, Tiurmaulina BR (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Makanan Secara Online Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pesatnya penggunaan internet mengakibatkan adanya perubahan berbagai macam sistem usaha, seperti perubahan sistem perdagangan, cara bertransaksi, dan sistem pemasaran yang semuanya menjadi serba online. Perubahan berbagai macam sistem usaha tersebut banyak dilakukan oleh produsen di Indonesia karena menyadari bahwa masyarakat Indonesia sebagai pengguna internet aktif. Menurut Kulyk & Michalowska (2016) adanya sistem e-commerce yang semakin banyak digunakan menjadikan sistem ekonomi berubah, seperti perubahan sistem pembayaran konvensional ke sistem pembayaran online. Perubahan sistem pembayaran tersebut memberikan kemudahan bagi konsumen saat melakukan pembelian produk atau jasa secara online. Konsumen tidak perlu lagi bertatap muka dengan produsen saat melakukan pembayaran karena dimudahkan dengan pembayaran online yang dapat dilakukan melalui, ATM, internet banking, Transfer Bank, dll. Hal ini tentu saja dipahami oleh pemasar untuk membidik para konsumen yaitu melalui perubahan gaya hidup dan sikap konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Sehingga keputusan pembelian online tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam menggunakan e-commerce. Salah satu fenomena yang unik dan menarik yang ada karena adanya perkembangan teknologi dan menjadi serba E-commerce dan mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan adalah fenomena pemesanan makanan melalui aplikasi pesan antar online yang lebih di sukai oleh konsumen sekarang daripada membeli secara langsung ataupun memasak. Ada banyak alasan konsumen memilih untuk memesan makanan melalui online yaitu, dinilai lebih nyaman, menguntungkan, dan adanya motivasi lainnya. Ada banyak faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang mampu menarik minat konsumen dalam pembelian makanan secara online. Pada perilaku konsumen ada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal terdiri dari faktor budaya, sosial, bauran pemasaran dan faktor internal yaitu pribadi, dan psikologis. Berdasarkan faktor-faktor tersebut yang akan menjadi pokok utama dalam penitian ini apakah faktor-faktor diatas juga mampu mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk melakukan pembelian makanan secara online. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan secara online pada orang pekerja yang pernah melakukan pembelian di aplikasi Go-food di Kota Malang. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah sebagai berikut : (1)Untuk mengetahui adanya pengaruh perilaku konsumen secara parsial terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian makanan menggunakan makanan online. (2)Untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen secara simultan terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian makanan menggunakan aplikasi online. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif dengan penelitian explanatory research. Analisis data kuantitatif yang dilakukan yaitu uji hipotesis menggunakan Software SPSS versi 16.0. Dalam penelitian ini prosedur pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dimana teknik penentuan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah konsumen yang sudah bekerja dan pernah melakukan pembelian makanan melalui Go-food. Penelitian ini menggunakan 100 responden yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner secara online dengan membagikan tautan jaringan yang akan mengarahkan objek menuju pada sebuah halaman yang menanmpilkan beberapa pertanyaan pada kuisioner. Selanjutnya peneliti akan menyeleksi objek yang hanya berdomisili di wilayah kota Malang. Penelitian akan dilakukan pada bulan Juli 2019 di Kota Malang dengan pertimbangan karena penggunaan aplikasi makanan online di Kota Malang sudah populer. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) variabel faktor psikologi yang terdiri dari motivasi, persepsi, proses belajar, keyakinan dan sikap memberikan pengaruh positif pada konsumen untuk melakukan pembelian makanan secara online. (2) pada faktor pribadi yang terdiri dari Usia , pekerjaan, kondisi ekonomi, gaya hidup dan kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan secara online. (3) pada faktor faktor sosial di antaranya keluarga, status sosial, dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan secara online. (4) faktor budaya yang di antaranya sub budaya, kelas social, dan kebudayaan mempengaruhi keputusan pembelian makanan secara online. (5) faktor psikologi, faktor pribadi, faktor sosial, faktor budaya secara parsial atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian makanan secara online. Berdasarkan penelitian ini disarankan layanan Go-Food terus mengembangkan layanannya agar keputusan konsumen yang timbul dari perilaku konsumen pada layanan Go-Food semakin baik. Selain meningkatkan kualitas layanannya, layanan Go-Food juga disarankan lebih meningkatkan faktor sosial karena sedikitnya peran angota keluarga, teman, dan lingkungan yang menyarankan untuk membeli makanan melalui layanan Go-food. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan faktor sosial yaitu dengan mengajak keluarga, teman dan sekitar konsumen untuk membeli makanan melalui layanan Go-food.
English Abstract
The rapid use of the internet has resulted in changes in various types of business systems, such as changes in the trading system, how to transact, and marketing systems that have all become online. Changes to various types of business systems are mostly done by producers in Indonesia because they realize that Indonesian people as active internet users. According to Kulyk & Michalowska (2016) the existence of an e-commerce system that is increasingly being used makes the economic system change, such as a change from conventional payment systems to online payment systems. Changes to the payment system make it easier for consumers when purchasing products or services online. Consumers no longer need to face the manufacturer when making payments because it is facilitated by online payments that can be made through, ATM, internet banking, bank transfers, etc. This is of course understood by marketers to target consumers through lifestyle changes and consumer attitudes in making purchasing decisions. So that online purchasing decisions can affect consumer behavior in using e-commerce. One of the unique and interesting phenomena that exist due to technological developments and becoming all-round E-commerce and influencing consumer behavior in decision making is the phenomenon of ordering food through online inter-messaging applications that are preferred by consumers now rather than buying directly or cooking. There are many reasons consumers choose to order food online, namely, it is considered more convenient, profitable, and there are other motivations. There are many factors that influence consumer behavior that can attract consumers' interest in purchasing food online. In consumer behavior there are factors that influence purchasing decisions, namely external and internal factors. External factors consist of cultural, social, marketing mix and internal factors namely personal, and psychological. Based on these factors that will be the main point in this research whether the above factors are also able to influence consumers in making decisions to make food purchases online. Therefore, researchers want to conduct research on the factors that influence online food purchasing decisions on workers who have made purchases on the Go-food application in Malang. Based on the background described above, the purpose of this research is as follows: (1) To determine the influence of consumer behavior partially on consumer decision making in purchasing food using online food. (2) To determine the effect of simultaneous consumer behavior on consumer decision making in purchasing food using an online application. This research is a type of research using a quantitative description approach with explanatory research. Quantitative data analysis was performed, namely hypothesis testing using SPSS Software version 16.0. In this study the sampling procedure uses nonprobability sampling with purposive sampling method in which the sampling technique is based on certain considerations. Sample criteria in this study are consumers who have worked and have made food purchases through Go-food. This study uses 100 respondents who were conducted by distributing questionnaires online by sharing network links that will direct the object towards a page that displays several questions on the questionnaire. Furthermore, researchers will select objects that only live in the city of Malang. The research will be conducted in July 2019 in Malang with consideration because the use of online food applications in Malang is already popular. The results obtained from this study are: (1) psychological factor variables consisting of motivation, perception, learning process, beliefs and attitudes have a positive influence on consumers to make food purchases online. (2) on personal factors consisting of age, occupation, economic conditions, lifestyle and personality have a positive and significant influence on online food purchasing decisions. (3) social factors including family, social status, and environment have a positive and significant influence on online food purchasing decisions. (4) cultural factors including sub culture, social class, and culture influence food purchasing decisions online. (5) psychological factors, personal factors, social factors, cultural factors partially or jointly have a positive and significant influence on online food purchasing decisions. Based on this research it is recommended that Go-Food services continue to develop its services so that consumer decisions arising from consumer behavior in Go-Food services are getting better. In addition to improving the quality of its services, Go-Food services are also advised to further improve social factors due to the lack of roles of family members, friends, and the environment who recommend buying food through Go-food services. One way that can be done to improve social factors is by inviting family, friends and surrounding consumers to buy food through Go-food services.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2020/45/052003699 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:47 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 02:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181103 |
![]() |
Text
Tiurmaulina BR Sianturi (2).pdf Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |