Pengaruh Kredibilitas Gadgetin Sebagai Reviewer Gadget Di Youtube Terhadap Minat Pembelian Gadget Khalayak Youtube

Yudianto, Rizky Utomo (2019) Pengaruh Kredibilitas Gadgetin Sebagai Reviewer Gadget Di Youtube Terhadap Minat Pembelian Gadget Khalayak Youtube. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

YouTube berkembang menjadi salah satu sumber konten berbasis video paling terkemuka di dunia dengan miliaran pencarian video setiap bulannya. Dari beragam tipe konten video yang tersedia, video ulasan produk gadget secara profesional oleh figur pengulas dianggap sebagai peluang menjanjikan untuk meningkatkan jumlah tayangan dan khalayak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah kredibilitas sumber pesan mampu mempengaruhi minat pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksplanatif dengan variabel independen (X) kredibilitas sumber yang diukur melalui dimensi tingkat keahlian, daya tarik fisik, dan kepercayaan, sedangkan variabel dependen (Y) minat pembelian yang diukur melalui minat transksional, eksploratif, referensial, dan preferensial. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Serangkaian pernyataan pada kuesioner seputar pengaruh dimensi-dimensi kredibilitas figur pengulas terhadap minat pembelian dari 2832 pelanggan saluran video figur pengulas di YouTube telah diteliti. Hasilnya menunjukkan bahwa ketiga dimensi kredibilitas tersebut memiliki hubungan positif terhadap minat pembelian meskipun ketiganya tidak bernilai signifikan. Figur pengulas dinyatakan lebih atraktif oleh para responden. Penelitian kredibilitas figur pengulas produk di YouTube dan pengaruhnya terhadap minat pembelian termasuk jarang diteliti, sehingga penelitian ini memunculkan nilai kebaruan pada ranah studi akademis. Satu faktor yang menjadikan penelitian ini unik di Indonesia, dimana figur pengulas dalam penelitian ini tergolong populer dengan jutaan pelanggan, adalah kurangnya studi yang ingin mengukur efektifitas metode penelitian ini

English Abstract

YouTube rises as one of the most prominent sources of video-based content in the world with billions of video searches each month. From many varieties of video content available, well-made gadget review videos by a professional reviewer figure are considered as a promising opportunity to increase the amount of view and audience. This research aims to analyze whether source credibility affects purchase intention. It is an explanatory quantitative research with source credibility as an independent variable (X) measured by the expertise, attractiveness, and trustworthiness. Whereas purchase intention acts as a dependent variable (Y) measured by transactional, explorative, referencial, and preferencial intentions. The analytical technique used in this research is simple linear regression. A series of statements on the questionnaire surrounding the effect of the credibility dimensions of reviewer figure toward purchase intention of 2832 subscribers of the YouTube figure review channel on YouTube have been examined. The result indicated that all of the three credibility dimensions of gadget reviewer figure have a positive relationship with purchase intention. The reviewer figure is found to be more attractive by the respondents. Research about reviewer figure credibility and its effect on the purchase intention is rarely studied, so this reseach raises the value of novelty in the realm of academic studies. One factor that make this study unique in Indonesia, where the reviewer in this research is classified as popular with millions of subscribers, are the lack of prior studies that would measure the effectiveness of this method

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2020/79/052003293
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas Sumber, YouTube, Minat Pembelian, Pengulas Gadget, Source Credibility, YouTube, Purchase Intention, Gadget Reviewer
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:17
Last Modified: 19 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180726
[thumbnail of Rizky Utomo Yudianto (2).pdf] Text
Rizky Utomo Yudianto (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item