Perancangan Desain Kemasan Sekunder Produk Teh Adas Khas Tengger Menggunakan Metode Kansei Engineering

Sari, Nikita Ruwina (2019) Perancangan Desain Kemasan Sekunder Produk Teh Adas Khas Tengger Menggunakan Metode Kansei Engineering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Destinasi pariwisata memiliki kuliner khas yang dapat memotivasi wisatawan untuk melakukan perjalanan, salah satunya Tengger. Tengger merupakan wilayah penghasil tanaman adas yang cocok dijadikan minuman fungsional teh adas. Sebagai kuliner khas Tengger, teh adas dapat menjadi strategi pemasaran dalam pembentukan citra destinasi yang efektif dengan mengemas produk semenarik mungkin. Metode yang digunakan adalah Kansei Engineering. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan desain kemasan teh adas berdasarkan keinginan konsumen. Penelitian ini menggunakan 24 kata kansei, 16 sampel kemasan, 5 elemen desain, 14 sub elemen desain dan 40 responden. Berdasarkan nilai importance value secara keseluruhan, desain kemasan yang diinginkan oleh konsumen secara berurutan ditentukan oleh elemen desain bahan (31,975%), identitas (22,826%), bentuk (20,850%), logo (14,257%) dan ilustrasi (10,092%). Kombinasi kemasan yang paling disukai konsumen adalah kombinasi 4, faktor 4. Kombinasi tersebut adalah kemasan teh adas berbahan kertas ivory, identitas informasi produk, berlogo logogram, berbentuk balok dan ilustrasi gambar ikonik yang digambarkan oleh kata kansei modern, warna terang dan bermotif. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu, memperbaiki kekurangan penelitian ini dan dilanjutkan dengan menganalisis biaya pembuatan desain kemasan

English Abstract

Tourism destinations have typical culinary that can motivate tourists to travel, one of them is Tengger. Tengger is a producer of fennel plants region that suitable to be used as a fennel tea functional drink. As a typical Tengger culinary, fennel tea can be a marketing strategy in forming an effective destination image by packing products as attractive as possible. The method used is Kansei Engineering. The study aimed to obtain packaging design of fennel tea based on consumer desires. This study used 24 kansei words, 16 packaging samples, 5 elements design,14 sub-elements design, and 40 respondents. Based on overall importance value, packaging design desired by consumers is determined by elements design material (31.975%), identity (22.826%), shape (20.850%), logo (14.257%) and illustration (10.092%). The packaging combination that preferred by consumers is combination 4, factor 4. The combination is fennel tea packaging with ivory paper, product information identity, logogram logo, shaped beam and iconic illustrations which described by kansei words modern, bright and patterned. Recommendation for further research is correcting the shortcomings of this study and continued analyzing cost of manufacture packaging design

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/420/052002585
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering, Perancangan Desain Kemasan, Teh Adas, Fennel Tea, Kansei Engineering, Packaging Design
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.09 Packaging
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:59
Last Modified: 22 Oct 2021 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180334
[thumbnail of NIKITA RUWINA SARI (2).pdf]
Preview
Text
NIKITA RUWINA SARI (2).pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item