Analisa Personal Branding Kandidat Elektoral Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 (Metode Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Unggahan Tema Nasionalis-Religius Pada Akun Instagram Kandidat Pilgub Jawa Timur Tahun 2018)

Senoaji, Damar (2019) Analisa Personal Branding Kandidat Elektoral Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 (Metode Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce Pada Unggahan Tema Nasionalis-Religius Pada Akun Instagram Kandidat Pilgub Jawa Timur Tahun 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Preferensi identitas merupakan hal yang sangat memengaruhi pilihan politik di Jawa Timur. Kombinasi religius dan nasionalis disebut-sebut menjadi tandem yang ideal untuk memenangkan kontestasi elektoral. Pada tahun 2018, pemilihan kepala daerah provinsi Jawa Timur diikuti oleh dua pasangan calon dengan segmentasi yang hampir serupa. Peneliti tertarik untuk mengidentifikasi personal branding yang dilakukan oleh kandidat Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Sumber data dari penelitian ini adalah unggahan akun instagram kandidat elektoral Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tahun 2018. Berdasarkan analisa data yang ditemukan, kandidat elektoral Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur tahun sangat mengedepankan preferensi identitas, terutama yang merepresentasikan kelompok religius dan nasionalis. Meskipun mempunyai substansi serupa, namun kandiat elektoral Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018 menampilkan preferensi identitas sebagai bagian dari personal branding mereka dengan cara tersendiri supaya terlihat berbeda dan lebih baik dari kandidat lain di tengah-tengah segmentasi yang ketat dan serupa.

English Abstract

Identity preferences are the main issues that greatly affect political choices in East Java. The combination of religious and nationalist figure is said to be an ideal pairing for winning electoral contestation. In 2018, the election of regional heads of East Java province was followed by two pairs of candidates with almost similar segmentation. Researcher are interested in identifying personal branding done by East Java Governor Election candidates. This research uses Charles Sanders Peirce's semiotic analysis method. The data source of this research is the text contained in 2018 East Java Province Election Candidates’ Instagram Official Account. Based on the analysis of the data that has been found, the electoral candidates for the 2018 East Java Regional Head Election strongly prioritize identity preferences, especially those representing religious and nationalist groups. Even though it has a similar substance, the electoral code of the East Java Regional Election 2018 presents identity preferences as part of their personal branding in a way that makes them look different and better than other candidates in the midst of tight and similar segmentation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1219/052002762
Uncontrolled Keywords: identitas, nasionalis, religius, representasi, makna- identity, nationalist, religious, representation, meaning
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 19 Oct 2020 06:59
Last Modified: 19 Oct 2020 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179850
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item