Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Konsumen Smartphone OPPO)

Saputra, Okky Aditiyanata (2019) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Konsumen Smartphone OPPO). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Celebrity Endorser terhadap Citra Merek, (2) pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian, (3) pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi Celebrity Endorser (X), Citra Merek (Y), dan Keputusan Pembelian (Z). Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya konsumen smartphone OPPO sebanyak 116 orang responden dengan instrument penelitian kuesioner. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yang pertama Mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan smartphone OPPO, yang kedua pernah membeli dan menggunakan smartphone OPPO. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan angket secara offline dan google forms secara online. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan bahwa (1) Celebrity Endorser (X) berpengaruh signifikan terhadap Citra Merek (Y), dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,672 ,(2) Celebrity Endorser (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Z), dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,308 ,(3) Citra Merek (Y) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Z), dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,497. Hasil tersebut membuktikan bahwa Celebrity Endorser oleh smartphone OPPO dapat meningkatkan citra merek secara positif sehingga mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.

English Abstract

This study aims to (1) identify and explain the influence of Celebrity Endorser on Brand Image, (2) the influence of Celebrity Endorser on Purchasing Decisions, (3) the influence of Brand Image on Purchasing Decisions. The type of this research is explanatory research with quantitative method. The variables are Celebrity Endorser (X), Brand Image (Y), and Purchase Decision (Z). The sample in this study were 116 active students of Brawijaya University OPPO smartphone consumers with questionnaire research instruments. The sampling technique is purposive sampling with the first sample criteria, active students of Brawijaya University who have seen advertisements of smartphone OPPO, the second has bought and used smartphones OPPO. The method of data collection used a questionnaire with offline and google forms online. This research uses descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis with path analysis. The results of the path analysis has shown that (1) Celebrity Endorser (X) has a significant effect on Brand Image (Y), with a path coefficient of 0.672, (2) Celebrity Endorser (X) has a significant effect on Purchasing Decisions (Z), with a path coefficient of 0.308, (3) Brand Image (Y) has a significant effect on Purchasing Decisions (Z), with a path coefficient of 0.497. These results prove that Celebrity Endorser by OPPO smartphone can positively enhance brand image so that it affects consumers to make purchasing decisions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/910/052002748
Uncontrolled Keywords: Celebrity Endorser, Citra Merek, Keputusan Pembelian-Celebrity Endorser, Brand Image, Purchasing Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 08:13
Last Modified: 21 Oct 2021 00:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179381
[thumbnail of Okky Aditiyanata Saputra.pdf]
Preview
Text
Okky Aditiyanata Saputra.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item