Analisis Pengaruh Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik Di Umkm Abs, Malang, Jawa Timur

Dyahsari, Nur Azizah (2019) Analisis Pengaruh Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Organik Di Umkm Abs, Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dampak bahaya pertanian konvensional meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Peningkatan kesadaran ditunjukkan melalui adanya perubahan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi produk organik yang dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia sintesis baik dari pemupukan hingga pengendalian hama penyakit. Sehingga pertanian organik mampu menghasilkan produk yang aman untuk dikonsumsi dan memiliki gizi lebih. Salah satu produk organik yang banyak diminati yaitu sayur organik yang saat ini sedang menjadi tren konsumsi dikalangan masyarakat. Namun, masyarakat memiliki persepsi risiko yang berbeda-beda saat mengkonsumsi sayur organik. Hal tersebut muncul dari beberapa tipe ketidakpastian seperti risiko finansial, risiko sosial, risiko kinerja, risiko psikologis, risiko fisik, dan risiko waktu yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Oleh karena itu, semakin rendah persepsi risiko negatif pada konsumen sayur organik maka semakin tinggi dorongan untuk melakukan pembelian. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian sayur organik. Penelitian dilakukan di UMKM ABS Malang yang bergerak pada bidang pemasaran produk-produk organik. Penentuan responden dipilih menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 51 konsumen sayur organik UMKM ABS. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis SEMPLS dengan menggunakan software WarpPLS 6.0 yang bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi risiko terhadap keputusan pembelian sayur organik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen menilai pembelian sayur organik di UMKM ABS masih memiliki ketidakpastian atau risiko yang dipersepsikan. Persepsi risiko tersebut terdiri dari risiko finansial, risiko sosial, dan risiko psikologis. Persepsi risiko memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sayur organik di UMKM ABS dengan nilai path coefficient sebesar -0.735. Nilai tersebut berarti bahwa semakin tinggi persepsi risiko maka semakin rendah tingkat keputusan pembelian konsumen pada sayur organik, begitu sebaliknya. Hal ini juga dapat dilihat pada nilai R-square yang menunjukkan bahwa persepsi risiko mampu menjelaskan varians keputusan pembelian sebesar 54%.

English Abstract

The impact of the dangers from conventional agriculture increases public awareness of health. Increasing public awareness is showed through the change in a healthy lifestyle by consuming organic products that are cultivated without using synthetic chemicals either from fertilization until pest control. So that organic agriculture is able to produce products that are safe for consumption and have more nutrition. One of the most popular organic products is organic vegetables which is currently becoming a consumption trend among the people. However, people have different risk perceptions when consuming organic vegetables. It comes from several types of uncertainties such as financial risk, social risk, performance risk, psychological risk, physical risk, and time risk which can influence purchasing decisions. Therefore, the lower negative risk perception of organic vegetable consumers, the higher purchasing decision. So this study aims to determine the effect of risk perception on purchasing decisions of organic vegetable. The research was conducted at UMKM ABS Malang which is engaged in marketing organic products. Determination of respondents used probability sampling method with simple random sampling technique. Respondents in this study were consisted of 51 consumers of organic vegetable at UMKM ABS. The data analysis method that used in this research was SEM-PLS analysis using WarpPLS 6.0 software which aims to examine the effect of risk perception on purchasing decisions of organic vegetable. The results showed that consumers measured the purchase of organic vegetables at UMKM ABS still had uncertainty or perceived risk. This risk perception consisted of financial risk, social risk, and psychological risk. Risk perception had a negative and significant effect on organic vegetable purchasing decisions at UMKM ABS with a path coefficient of -0.735. This value meant that the higher risk perception, the lower level of consumer purchasing decisions on organic vegetables. Otherwise, the lower risk perception, the higher level of consumer purchasing decisions on organic vegetables. This could also be seen in the R-square value which showed that risk perception was able to explain the purchase decision variance of 54%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/841/052000885
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:13
Last Modified: 25 Oct 2021 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179074
[thumbnail of NUR AZIZAH DYAHSARI (2).pdf]
Preview
Text
NUR AZIZAH DYAHSARI (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item