Pengaruh Revitalisasi Pasar terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang)

Muslim, Raihan Ariq (2019) Pengaruh Revitalisasi Pasar terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan secara simultan pengaruh Revitalisasi Pasar yang terdiri dari variabel-variabel Kualitas Fisik dan Kualitas Sosial-Budaya terhadap Struktur Kepuasan Konsumen, (2) mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Kualitas Fisik terhadap Struktur Kepuasan Konsumen, (3) mengetahui dan menjelaskan secara parsial pengaruh variabel Kualitas Sosial-Budaya terhadap Struktur Kepuasan Konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini meliputi Kualitas Fisik, Kualitas Sosial-Budaya dan Kepuasan Konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang dan konsumen dengan Batasan usia minimal 17 tahun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik induktif dan analisis regresi linear berganda. Data pada penelitian ini diolah menggunakan software IBM SPSS versi 25. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu Kualitas Fisik (X1) dan Kualitas Sosial-Budaya (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Struktur Kepuasan Konsumen (Y), Kualitas Fisik (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Struktur Kepuasan Konsumen (Y), dan Kualitas Sosial-Budaya (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Struktur Kepuasan Konsumen (Y).

English Abstract

This study aims to (1) simultaneously identify and explain the effect of Market Revitalization consisting of Physical Quality and Social-Cultural Quality variables on the Consumer Satisfaction Structure, (2) Partially identify and explain the influence of Physical Quality variables on the Consumer Satisfaction Structure, (3) Partially identify and explain the influence of the Socio-Cultural Quality variable on the Consumer Satisfaction Structure. The type of research used is an explanatory with a quantitative approach. The variables of this research includes Physical Quality, Socio-Cultural Quality and Consumer Satisfaction. The population used in this research are consumers of Oro-oro Dowo Market in Malang City consumers with a minimum age of 17 years old. The samples used in this research were 113 respondents taken using purposive sampling and data collection methods from a questionnaire. The analysis of data used are inductive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The data in this study were processed using IBM SPSS version 25 software. The results of the multiple linear regression analysis indicates that the independent variables namely Physical Quality (X1) and Socio-Cultural Quality (X2) has a significant effect on the dependent variable namely Customer Satisfaction Structure (Y), Physical Quality (X1) has a significant effect on the dependent variable, Structure Consumer Satisfaction (Y), and Socio-Cultural Quality (X2) has significant effects on the dependent variable, Customer Satisfaction Structure (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/875/052001044
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi Pasar, Kualitas Fisik, Kualitas Sosial-Budaya, Kepuasan Konsumen Market Revitalization, Physical Quality, Socio-Cultural Quality, Consumer Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Nov 2020 05:15
Last Modified: 21 Oct 2021 00:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178745
[thumbnail of Raihan Ariq Muslim.pdf]
Preview
Text
Raihan Ariq Muslim.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item