Dampak E-Government Terhadap Masyarakat Kota Surabaya

Yahya, M Agbi Azhar (2019) Dampak E-Government Terhadap Masyarakat Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Surabaya adalah kota yang mengimplementasikan layanannya dengan menggunakan sistem e-government kebijakan untuk semua layanan publik. Dengan e-government dalam kebijakannya, aplikasi e-kios Sistem akan muncul untuk semua warga negara di Surabaya, yang dimasukkan dalam perizinan Layanan, layanan kesehatan, layanan tingkat kabupaten, dll. Faktor-faktor dalam implementasi E-kios ke sistem e-government yang tentu memiliki pengaruh terhadap warga negara untuk mengimplementasikan aplikasi di Surabaya. Warga negara dibentuk dalam aplikasi atau akselerasi yang diberlakukan oleh kota Surabaya, melalui penelitian yang menggunakan teori kesuksesan. Dalam hal ini, bagaimana aplikasi dikenakan oleh pemerintah Surabaya pada publik tentang penerapan e-kios di semua layanan publik dan faktor jenis apa yang disebabkan oleh warga negara yang masih menggunakan layanan dan tidak menggunakan sistem elektronik di menangani data populasi dan data layanan lainnya. Penelitian ini menggunakan deskriptif pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian, telah ditemukan bahwa apa itu diterapkan di Pemerintah Surabaya untuk mengubah sistem layanan dengan Akselerasi layanan elektronik masih dianggap bahwa kurang menyentuh dan berubah pola pikir rakyat Surabaya. Faktor-faktor yang menyebabkan implementasi e-kios aplikasi kurang menyentuh pada warga karena kurangnya sosialisasi, kelemahan sumber daya manusia untuk mengubah budaya layanan dalam akselerasi dan area yang ada diplot dengan populasi dapat dilihat oleh penerapan sistem e-kios pada 2015- 2019. Kebijakan diimplementasikan dengan keberadaan e-government di E-kios aplikasi adalah kebijakan yang ditandai oleh elit dan pegawai pemerintah yang dapat digunakan Kesempatan untuk menciptakan aplikasi baru berbasis kuantitas dalam aplikasi, terutama aplikasi EKIOS, untuk keberhasilan Surabaya sebagai agenda akselerasi layanan publik.

English Abstract

Surabaya is a city that implements its services by using E-Government system policies to all public services. With E-Government in its policy, the E-Kios’ application system will appear to all citizen in Surabaya, which is incorporated in licensing services, health services, district level services, etc. Factors in the implementation of E-Kios to the E-Government system which certainly have an influence to the citizen for implementing the application in Surabaya. The citizen is formed in the application or acceleration imposed by the city of Surabaya, through research that uses the theory of success. In this case, how is the application imposed by the Surabaya government on the public about the application of E-Kios in all public services and what kind of factors that caused by citizen which still use services and do not use electronic systems in handling population data and other service data. This research uses a descriptive qualitative approach. From the results of the study, it has been found that what is applied in Surabaya’s government for changing the service system with the acceleration of Electronic services are still considered that less touching and changing the mindset of the people of Surabaya. Factors that cause the implementation of E-Kios applications are less touching to the citizen due to lack of socialization, weakness of human resources to change the service culture in the acceleration and areas that are plotted with population can be seen by the application of the E-Kios system in 2015- 2019. The policies implemented with the existence of E-Government in the E-Kios application are policies characterized by elites and government employees that can use the opportunity to create quantity-based new applications in applications, especially EKios applications, for the success of Surabaya as the public service acceleration agenda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/1130/052000665
Uncontrolled Keywords: Public service policy, service acceleration, E-Government, E-Kios application, public show socialization (PERTURA) in Surabaya City
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 12 Nov 2020 05:27
Last Modified: 12 Nov 2020 05:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178737
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item