The Effect Of Perceived Risk And Trust Toward Behavioral Intention To Use (A Study to Shopee Application Users in Surabaya)

Bungkang, Reinardus Dyki (2019) The Effect Of Perceived Risk And Trust Toward Behavioral Intention To Use (A Study to Shopee Application Users in Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Belanja online telah menjadi tren baru di era 2010, dan penting untuk memilih toko online tepercaya baik dalam aplikasi atau situs web. Satu hal yang dapat dipertimbangkan ketika berselancar dan memilih media belanja online yang bagus adalah memastikan apakah itu telah diverifikasi oleh peraturan gubernur dan telah menjadi setidaknya 20 media belanja online terbaik di Indonesia. Penting untuk memastikan tidak ada penipuan yang terjadi, tetapi tidak menghindari risiko mendapatkan produk yang tidak baik seperti yang diinginkan atau toko terpercaya untuk berbelanja. Karena itu, kebutuhan untuk mempertimbangkan risiko yang mungkin kita alami adalah sebuah kepentingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah ada hubungan antara risiko yang dialami dan kepercayaan terhadap niat perilaku untuk menggunakan dengan menggunakan uji asumsi klasik; uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi dalam uji Glejser. Sampel diambil dengan menggunakan survei online dengan berbagai kriteria dan beberapa pertanyaan esai pendek. Data yang diperoleh terdiri dari 100 mahasiswa di Surabaya yang menggunakan atau pernah menggunakan aplikasi belanja online Shopee. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa risiko yang dialami dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat perilaku pengguna Shopee. Meskipun pengaruh risiko yang dialami adalah variabel dengan sedikit nilai, namun dalam topik ini, risiko yang dialami adalah variabel signifikan selain variabel kepercayaan. Uji normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi dalam Glejser dapat menentukan penyebaran survei online yang valid untuk penilaian. Risiko yang dialami yang dinilai dengan uji Glejser memiliki efek positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk menggunakan dengan nilai T mencapai 6,949 dan P-nilai 0,000 <0,05, hal ini menunjukkan bahwa risiko yang dialami dapat meningkatkan niat perilaku untuk menggunakan kembali aplikasi berbelanja online Shopee. Selanjutnya, Glejser memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku untuk digunakan dengan nilai T 4,450 dan nilai P 0,000 <0,05 berarti kepercayaan dapat meningkatkan niat perilaku untuk menggunakan kembali Shopee. Oleh karena itu, dengan nilai-nilai dari uji-T dan uji P, berbelanja di Shopee akan memberikan pengalaman lain yang lebih baik karena diharapkan dapat memberikan kepercayaan dan mengurangi risiko yang dialami oleh pelanggan.

English Abstract

Online shopping has been a new trend in the era of 2010, and it is important to choose a trusted online shop either in application or website. One thing that can be considered when surfing and choosing a good online shopping media is to make sure if it is verified by our governor’s policies and has been the at least top 20 online shopping media in Indonesia. It is important in order to make sure no scam will occur, but it does not avoid the risk of getting a not good product as wanted or trusted stores to shop. Therefore, the need for considering the risk we might perceive is important. The purpose of this research was to determine whether there was a relationship between perceived risk and trust to behavioral intention to use by using classical assumption test; normality, multicollinearity, heteroscedasticity and autocorrelation test in Glejser test. The sample was taken by an online survey with criteria and a short essay. The data obtained consist of 100 university students in Surabaya who uses or ever used Shopee online shopping application. The findings in this study indicate that perceived risk and trust have a significant effect on behavioral intention of Shopee users. Though the effect of perceived risk was a variable with little attention, in this topic, perceived risk was a significant variable besides the trust variable. The normality, multicollinearity, heteroscedasticity, and autocorrelation test in Glejser can determine online survey spread is valid for scoring. The perceived risk that was scored with Glejser has a positive and significant effect on behavioral intention to use with T value reaches 6.949 and P-value 0.000 <0.05, it shows that perceived risk can increase the behavioral intention to re-use Shopee. Furthermore, the Glejser has a positive and significant effect on behavioral intention to use with T value 4.450 and P value 0.000 <0.05 means that trust can increase the behavioral intention to re-use Shopee. Therefore, with those values from T-test and P test, shopping in Shopee will give other better experience because it is expected to provide trust and reduce the risk, experienced by customers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/645/052000808
Uncontrolled Keywords: uji normalitas, uji multikolineariti, uji heteroskedastisitas, uji autocorrelation, uji Glejser, nilai T, nilai P
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Nov 2020 16:56
Last Modified: 07 Nov 2020 16:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178619
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item