Perbedaan Kepuasan Pendengar Radio Konvensional Dengan Streaming (Studi Eksplanatif Kuantitatif tentang Gratifikasi Sought dan Gratifikasi Obtained pada Radio Elfara Malang)

Tunjung, Intan Septiana (2019) Perbedaan Kepuasan Pendengar Radio Konvensional Dengan Streaming (Studi Eksplanatif Kuantitatif tentang Gratifikasi Sought dan Gratifikasi Obtained pada Radio Elfara Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan media sangat ketat, sementara media tidak hanya bisa hidup dari idealisme dan mengusung kepentingan publik, karenanya media harus memiliki basis ekonomi yang kuat. Untuk dapat bertahan, media melakukan kreativitas ekspansi. Tren yang tampak adalah media melakukan spasialisasi baik dalam bentuk integrasi horizontal maupun integrasi vertikal dan dalam bentuk diversifikasi. Perubahan tidak hanya terjadi pada media, tapi juga kepada masyarakat atau khalayak. Perubahan tersebut berupa kebiasaan mereka dalam menggunakan media dan kemajuan teknologi saat ini. Radio dalam melakukan perluasan pasar audience di era konvergensi media tentu saja memiliki strategi tersendiri, strategi merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Studi ini menguji kepuasan pendengar Radio Elfara secara konvensional dengan streaming. Peneliti mengadakan pengujian kepuasan dengan variabel yang berbeda pada radio konvensional dengan menggunakan motif dan kepuasan dari Mcquail , dan pada radio streaming menggunakan model MAIN dari Sundar dan Limperos, yang masing-masing diuji dengan t-test kemudian dibandingkan pendengar mana yang memiliki kepuasan yang lebih tinggi menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini menggunakan 91 responden pada kuisioner pendengar radio konvensional dan 104 responden pada pendengar radio streaming. Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan tingkat kepuasan yang signifikan antara pendengar radio konvensional dengan radio streaming pada Radio Elfara FM. Dengan tingkat kepuasan pendengar radio streaming sedikit lebih tinggi.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.812/TUN/p/2019/041911253
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER RELATIONS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:16
Last Modified: 03 Feb 2023 07:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178416
[thumbnail of Intan Septiana Tunjung (2).pdf] Text
Intan Septiana Tunjung (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item