Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Publik dalam Prespektif Knowledge Management (Studi pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara)

Nugroho, Candra Setya (2019) Strategi Peningkatan Kinerja Sektor Publik dalam Prespektif Knowledge Management (Studi pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah bahwa sektor publik di tuntut untuk terus meningkatkan kinerjanya dan salah satu strategi untuk menghadapinya yaitu dengan mengoptimalisasi pemanfaatan aset pengetahuan organisasi. Aset tersebut saat ini masih belum terkelola dengan baik sehingga kurang bermanfaat bagi organisasi dan bahkan bisa hilang dari organisasi. Oleh karena itu perlu dilakukan knowledge management sebagai salah satu strategi dalam peningkatan kinerja. Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa knowledge management mempengaruhi kinerja organisasi. Berdasarkan hal tersebut, Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kapasitas Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang PKASN LAN) sebagai salah satu organisasi sektor publik yang belum melakukan pengelolaan pengetahuan perlu menyusun strategi peningkatan kinerja dalam perspektif knowledge management. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN dalam penyelenggaraan pelatihan aparatur?, 2) bagaimana hambatan yang dihadapi dalam strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN pada penyelenggaraan pelatihan aparatur?, dan 3) bagaimana model strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN dalam prespektif knowledge management pada penyelenggaraan pelatihan aparatur?. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN dalam penyelenggaraan pelatihan aparatur, 2) untuk menganalisis hambatan yang dihadapi dalam strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN pada penyelenggaraan pelatihan aparatur, dan 3) untuk menyusun model strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN dalam prespektif knowledge management pada penyelenggaraan pelatihan aparatur. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN dalam penyelenggaraan pelatihan aparatur adalah dengan peningkatan kualitas individu (pegawai), peningkatan kualitas kepemimpinan, peningkatan kualitas tim kerja, dan peningkatan kualitas sistem organisasi. Hambatan yang dihadapi dalam strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN pada penyelenggaraan pelatihan aparatur yaitu hambatan kemampuan individu (pegawai), hambatan kemampuan pemimpin, hambatan kerjasama tim kerja, hambatan pelaksanaan sistem organisasi, dan hambatan situasi (konteks). Model strategi peningkatan kinerja Puslatbang PKASN LAN dalam prespektif knowledge management pada penyelenggaraan vii pelatihan aparatur adalah dengan melakukan identifikasi pengetahuan yang dimiliki organisasi, identifikasi gap pengetahuan, dan penyusunan road map knowledge management dengan memperhatikan komponen dan siklus knowledge management.

English Abstract

The background of this research is that the public sector is demanded to continue to improve its performance and one of the strategies to deal with it is by optimizing the utilization of organizational knowledge assets. These assets are currently not well managed so that they are less useful to the organization and can even be lost from the organization. Therefore it is necessary to do knowledge management as one of the strategies in improving performance. Previous research also shows that knowledge management affects organizational performance. Based on this, the Center for Training and Development and Capacity Mapping of the State Civil Apparatus State Administration Institution (Puslatbang PKASN LAN) as one of the public sector organizations that have not yet carried out knowledge management needs to develop strategies to improve performance in the perspective of knowledge management. The problem formulation of this research are: 1) how is the strategy to improve the performance of Puslatbang PKASN LAN in conducting apparatus training ?, 2) how are the obstacles faced in the strategy of enhancing the performance of the Puslatbang PKASN LAN in the administration of apparatus training ?, and 3) what is the strategy model for PKASN Puslatbang performance improvement LAN in the perspective of knowledge management in organizing apparatus training ?. The objectives of this study are 1) to analyze the strategies for enhancing the performance of Puslatbang PKASN LAN in organizing apparatus training, 2) to analyze the obstacles encountered in the strategy of enhancing the performance of the Puslatbang PKASN LAN for organizing apparatus training, and 3) to develop a strategy model for improvingthe performance of Puslatbang PKASN LAN in the perspective of knowledge management in the implementation of apparatus training. The research method used in this study is a qualitative approach to the type of descriptive research. Data collection techniques through interviews, observation, and documentation as well as using interactive model data analysis of Miles, Huberman, and Saldana (2014). The results showed that the strategy to improve the performance of the Puslatbang PKASN LAN in conducting apparatus training was to improve the quality of individuals (employees), improve the quality of leadership, improve the quality of work teams, and improve the quality of organizational systems. The obstacles faced in the strategy of enhancing the performance of the PKASN LAN Puslatbang in the implementation of apparatus training are barriers to the ability of individuals (employees), obstacles to the ability of leaders, barriers to teamwork cooperation, obstacles to the implementation of organizational systems, and obstacles to situations (context). The strategy model for the improvement of Puslatbang PKASN LAN performance in the perspective of knowledge management in conducting apparatus training is to identify the organization's knowledge, identify the knowledge gap, and compile knowledge management road maps by taking into account the components and the cycle of knowledge management.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/352.63/NUG/s/2019/042000508
Uncontrolled Keywords: PUBLIC SERVICE (CIVIL SERVICE), PERFORMANCE
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:29
Last Modified: 28 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178144
[thumbnail of Candra Setya Nugroho.pdf]
Preview
Text
Candra Setya Nugroho.pdf

Download (16MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item