Pengaruh Label Halal dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Skincare Safi di Indonesia)

Niagara, Cendy Nuraulia (2019) Pengaruh Label Halal dan Country of Origin Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Skincare Safi di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pegaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian, dan (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Label Halal dan Country of Origin terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Label Halal, Country of Origin, dan Keputusan Pembelian. Kriteria populasi dalam penelitian ini adalah wanita berusia di 18 tahun ke atas, beragama Islam, mengetahui bahwa skincare Safi berasal dari Malaysia, dan pernah membeli serta menggunakan produk skincare Safi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner online. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deksriptif dan analisis regresi linear berganda (multiple linear regression analysis). Data pada penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS 21 for Windows. Hasil analisis regresi linear berganda (multiple regression analysis) menunjukkan bahwa Label Halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Country Of Origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Label Halal dan Country Of Origin berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan penelitian ini disarankan bagi perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan konsumen di Indonesia yang mayoritas beragama Islam dengan menyampaikan informasi mengenai kehalalan produk menggunakan label halal resmi BPOM MUI yang dicantumkan pada kemasan, terutama pada produk impor dan meningkatkan kegiatan iklan atau promosi mengenai keunggulan yang dimiliki negara asal produk secara masif untuk meningkatkan identitas dan pengetahuan konsumen tentang negara asal produk.

English Abstract

This research aimed to (1) identify and explain the influence of Halal Label on Purchase Decision (2) identify and explain the influence of Country of Origin on Purchase Decision (3) identify and explain the influence of Halal Label and Country of Origin on Purchase Decision. The type of this research is explanatory with quantitative approach. These research variables include Halal Label, Country of Origin, and Purchase Decision. The population in this research were women aged 18 years above, Muslim, had known that Safi skincare is from Malaysia, and had purchased and used Safi Skincare products. Data were collected through questionnaires to 116 respondents with purposive sampling. The method of analysis used is descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that (1) Halal Label significantly influence the Purchase Decision (2) Country of Origin significantly influence the Purchase Decision (3) Halal Label and Country of Origin significantly influence the Purchase Decision. Based on the results, it its recommended for companies to always pay attention to the needs of consumers in Indonesia who are predominantly Muslim by delivering information about halal products using official halal labels listed on the packaging, especially on imported products and increase advertising or promotion activities regarding the superiority of the country of origin of the product to increase the identity and knowledge of consumers about the country of origin of the product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/807/052000414
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Country of Origin, Keputusan Pembelian-Halal Label, Country of Origin, Purchase Decision.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 21 Oct 2021 01:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177782
[thumbnail of Cendy Nuraulia Niagara.pdf]
Preview
Text
Cendy Nuraulia Niagara.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item