Parwati, Kardina Yudha (2018) Pengaruh Kongruensi Diri dan Dukungan Selebriti terhadap Loyalitas Merek dengan Sikap Merek sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Merek Mode Lokal, Cotton Ink di Indonesia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor yang akan menjadi unggulan Indonesia di masa depan. Salah satu sub-sektor ekonomi kreatif yang saat ini sedang berkembang pesat adalah mode, khususnya pada lini ready-to-wear. Potensi pasar yang besar dan kemajuan teknologi yang pesat membuat persaingan antar binis mode ready-to-wear semakin kompetitif, sehingga agar dapat bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang kompetitif usaha tersebut harus meningkatkan loyalitas konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap suatu merek mode ready-to-wear lokal, untuk itu penelitian ini menggunakan konsumen Cotton Ink di Indonesia sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada 220 responden yang menjadi sampel. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah: kongruensi diri, dukungan selebriti, sikap merek, dan loyalitas merek. Hubungan antar variabel dalam penelitian ini dibangun berdasarkan Model Kongnisi, Afeksi, dan Perilaku. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kongruensi diri dan dukungan selebriti dapat mempengaruhi sikap merek, namun dukungan selebriti tidak dapat mempengaruhi loyalitas merek secara langsung. Penelitian ini juga menemukan bahwa sikap merek dapat menjadi mediasi pengaruh kongruensi diri dan dukungan selebriti terhadap loyalitas merek.
English Abstract
Creative economy will be one of Indonesia’s superior sector the future. Ready-to-wear fashion is one of fast growing sector of creative economy. The magnitude market potential and the technology advances triggered the competition climate among ready-to-wear busineses. In order to survive in this business competition they should gain and increase the level of costumer’s loyalty toward their brand. The aim of this research is to explain the variables that will influence the costumer’s loyalty toward the fashion ready-to-wear local brand, so this research use Cotton Ink’s consumen in Indonesia as the research object 220 filled out online questionnaire, data obtained from the quistionnaire was analized with Partial Least Square method. The variables that use on this research are: self-congruity, celebrity endorsement, brand attitude, and brand loyalty. The relationship between variables on this research was built based on Cognition, Affect, and Behaviour Model. This study found that self-congruity and celebrity endorsement has direct relationship with brand attitude, and celebrity endorsement has no direct relationship to brand loyalty. This study also found that brand attitude be able to mediated indirect relationship between self-congruity and celebrity endorsement toward brand loyalty.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | TES/658.812/PAR/p/2018/041802309 |
Uncontrolled Keywords: | CUSTOMER LOYALTY, CONSUMER SATISFACTION |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Jan 2020 02:25 |
Last Modified: | 09 Jan 2020 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177688 |
Actions (login required)
View Item |