Karakteristik Active Packaging Dari Gelatin Kulit Dan Sisik Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris) Dengan Penambahan Active Agent Tanaman Bakau Minyak (Rhizophora Apiculata)

Hutabalian, Yessy Aprilia Susanti (2019) Karakteristik Active Packaging Dari Gelatin Kulit Dan Sisik Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris) Dengan Penambahan Active Agent Tanaman Bakau Minyak (Rhizophora Apiculata). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya jumlah kemasan plastik tiap tahunnya menjadi suatu permasalahan bagi lingkungan dan kesehatan. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dan pengembangan teknologi bahan kemasan yang bersifat biodegradable sehingga tetap aman bagi lingkungan dan kesehatan. Salah satu kemasan yang bersifat biodegradable adalah kemasan aktif (active pacakging). Gelatin ikan merupakan sumber biopolimer yang baik dalam pembuatan kemasan aktif karena gelatin dapat terurai dan memilki sifat pembentuk film yang baik serta bersifat biodegradable. Ikan ayam-ayam (Abalites stellaris) memiliki kulit dan sisik yang sangat keras dan tebal sehingga diasumsikan memiliki kandungan gelatin yang banyak, maka limbah kulit ikan ayam-ayam ini sangat cocok untuk dijadikan gelatin. Untuk menghasilkan kemasan aktif maka dibutuhkan tambahan kandungan bioaktif yang akan berperan sebagai active agent pada kemasan. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai senyawa bioaktif adalah tanaman bakau minyak (Rhizophora apiculata) karena kaya akan kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, triterpenoid, steroid, saponin dan tanin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak bakau minyak (Rhizophora apiculata) terhadap karakteristik active packaging berbahan gelatin kulit dan sisik ikan ayam-ayam (Abalistes stellaris). Metode yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana yang terdiri dari 5 perlakuan dengan 4 kali ulangan. Perlakuan yang digunakan adalah penambahan ekstrak daun bakau minyak (Rhizophora apiculata) sebesar 0; 1; 3; 5; dan 7%. Parameter yang diuji yaitu asam amino gelatin, ketebalan, kuat tarik, elongasi, kadar air, laju transmisi uap air, pH, antioksidan, dan antibakteri active packaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi ekstrak daun bakau minyak (Rhizophora apiculata) pada active packaging dari gelatin kulit dan sisik ikan ayam-ayam berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kuat tarik, elongasi, ketebalan, dan laju transmisi uap air, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap kadar air dan pH. Semakin tinggi penambahan konsentrasi ekstrak daun bakau minyak pada active packaging menunjukkan peningkatan pada nilai ketebalan, kuat tarik, kadar air, aktivitas antioksidan, dan aktivitas antibakteri. Sedangkan elongasi, laju transmisi uap air dan pH mengalami penurunan. Berdasarkan hasil penelitian ini, perlu adanya penelitian lanjut mengenai pengaplikasian active packaging gelatin ikan ayam-ayam dengan penambahan ekstrak daun bakau minyak pada bahan pangan, sehingga dapat diketahui daya simpan active packaging.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/978/052000014
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.2 Starches and jellying agents > 664.26 Gelatin / Gelatin industry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:41
Last Modified: 21 Oct 2021 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177655
[thumbnail of YESSY APRILIA SUSANTI HUTABALIAN (2).pdf]
Preview
Text
YESSY APRILIA SUSANTI HUTABALIAN (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item