Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Keputusan Muzakki dalam Menunaikan Zakat Maal Melalui BAZNAS/LAZ (Studi pada Rumah Tangga Muslim di Kota Malang)

Omaida, Rizky Rofitri (2019) Analisis Variabel-variabel yang Mempengaruhi Keputusan Muzakki dalam Menunaikan Zakat Maal Melalui BAZNAS/LAZ (Studi pada Rumah Tangga Muslim di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi jumlah penduduk miskin dan kesenjangan ekonomi yang terjadi adalah dengan meningkatkan kepedulian antar sesama melalui zakat. Di Kota Malang mayoritas penduduk adalah muslim dan potensi zakat juga cukup besar. Namun, dalam hal ini penghimpunan zakatnya kurang optimal. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh variabel pendapatan, kepercayaan, motivasi, dan pengetahuan zakat terhadap keputusan muzakki di Kota Malang dalam menunaikan zakat maal melalui BAZNAS/LAZ. Penelitian ini dilakukan pada rumah tangga muslim di Kota Malang dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan metode analisisnya menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendapatan, kepercayaan, motivasi secara parsial berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan muzakki di Kota Malang dalam menunaikan zakat maal melalui BAZNAS/LAZ. Sedangkan variabel pengetahuan zakat tidak berpengaruh terhadap keputusan muzakki di Kota Malang dalam menunaikan zakat maal melalui BAZNAS/LAZ.

English Abstract

One of the efforts can help to decrease the amount of poor people and economic discrepancy with increase awareness to others through zakat. In Malang the majority of the population is muslim and zakat potential appreciable. However, in this case the collection of zakat is less than optimal. Therefore, the purpose of this study is to analyze the influence of income, belief, motivation, and knowledge of zakat of muzakki’s decisions in Malang in paying zakat of wealth through BAZNAS/LAZ. This research was conducted on muslim households in Malang City with a total sample of 80 respondents. The approach used is quantitative and the method of analysis used is logistic regression analysis. The results of analysis shows that variables of income, belief, motivation partially have a significant and positive effect of muzakki’s decisions in Malang in paying zakat of wealth through BAZNAS/LAZ. While variable of knowledge of zakat has no effect zakat of muzakki’s decisions in Malang in paying zakat of wealth through BAZNAS/LAZ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/614/051911308
Uncontrolled Keywords: Zakat Maal, BAZNAS/LAZ, Pendapatan, Kepercayaan, Motivasi, Pengetahuan Zakat-Zakat of wealth, BAZNAS/LAZ, Income, Belief, Motivation, Knowledge of zakat.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:32
Last Modified: 09 Sep 2022 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177448
[thumbnail of Rizky Rofitri Omaida.pdf] Text
Rizky Rofitri Omaida.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item