Karakteristik Active Packaging Dari Gelatin Kulit Dan Sisik Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris) Dengan Active Agent Daun Lindur (Bruguiera Gymnorrhiza)

Ma’rifah, Rica Dyah Ayu (2019) Karakteristik Active Packaging Dari Gelatin Kulit Dan Sisik Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris) Dengan Active Agent Daun Lindur (Bruguiera Gymnorrhiza). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya minat masyarakat dalam konsep kemasan aktif (active packaging) pada makanan beberapa tahun terakhir ini terjadi karena active packaging memiiki fungsi yang lebih dari pada kemasan tradisional. Kemasan aktif merupakan penggabungan senyawa aditif tertentu ke dalam film kemasan dengan tujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan umur simpan produk. Pembutan active packaging adalah dengan menggunakan bahan dasar gelatin dan penambahan senyawa bioaktif. Gelatin terbuat dari kulit dan sisik ikan ayamayam (Abalistes stellaris), sedangkan senyawa bioaktif didapat dari ekstrak daun lindur (Bruguiera gymnorrhiza). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak daun lindur (Bruguiera gymnorrhiza) yang berbeda pada proses pembuatan active packaging dapat mempengaruhi karakteristik dari active packaging. Penelitian ini terbagi menjadi tiga tahap penelitian yaitu pembuatan gelatin, ekstraksi daun lindur dan pembuatan active packaging dengan penambahan ekstrak daun lindur. Penambahan ekstrak daun lindur yang digunakan pada penelitian tahap tiga sebesar 0%, 1%, 3%, 5%, dan 7%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif pada pembuatan gelatin dan esktraksi daun lindur, sedangkan pada pembuatan active packaging dengan penambahan ekstrak daun lindur menggunkan metode eksperimen. Rancangan percobaan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) sederhana dengan menggunakan 4 kali ulangan. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu penambahan ekstrak daun lindur (Bruguiera gymnorrhiza) pada pembuatan active packaging dari gelatin kulit dan sisik ikan, sedangkan variabel terikatnya yaitu karakterisasi dari active packaging yang telah diberi perlakuan meliputi ketebalan, kuat tarik, elongasi, transmisi uap air, kadar air, pH, aktivitas antioksidan dan aktivitas antibakteri. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) untuk mengetahui pengaruh perlakuan terhadap parameter yang dilakukan. Apabila hasil perhitungan berbeda nyata maka akan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian karakteristik active packaging dari gelatin kulit dan sisik ikan ayam ayam (Abalistes stellaris) dengan active agent daun lindur (Bruguiera gymnorrhiza) yaitu berpengaruh nyata terhadap ketebalan, pH, aktivitas antioksidan dan aktivitas antibakteri. Sedangkan terhadap kuat tarik, elongasi, transmisi uap air dan kadar air tidak berbeda nyata. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak daun lindur yang ditambahkan maka ketebalan, elongasi, kadar air, aktivitas antioksidan dan aktivitas antibakteri mengalami peningkatan. Sedangkan kuat tarik, transmisi uap air, dan juga pH mengalami penurunan. Namun peningkatan dan penurunan hasil tidak signifikan dikarenakan konsentrasi yang diberikan hanya 0-7%.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/779/051908847
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.2 Starches and jellying agents > 664.26 Gelatin / Gelatin industry
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:39
Last Modified: 20 Oct 2021 23:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177398
[thumbnail of RICA DYAH AYU MA’RIFAH (2).pdf]
Preview
Text
RICA DYAH AYU MA’RIFAH (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item