Karakterisasi Aktivitas Antikolesterol Dari Variasi Konsenterasi Ekstrak Metanol Teh Hijau Daun Sonneratia Alba Secara In Vitro

Naufalzuhdi, Achyar (2019) Karakterisasi Aktivitas Antikolesterol Dari Variasi Konsenterasi Ekstrak Metanol Teh Hijau Daun Sonneratia Alba Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepulauan Indonesia memiliki luas hutan mangrove terbesar di Asia. Potensi mangrove di Indonesia bila dibandingkan dengan potensi mangrove di Negara-negara Asia terlihat memiliki potensi terbesar di Asia. Salah satu dari keberagaman mangrove yang ada di Indonesia ialah Sonneratia alba (lindur). Tanaman lindur dapat dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, mengobati penyakit mata, herpes, obat diare, malaria, dan obat luka bakar. Dari penelitian-penelitian yang telah dilakukan, dapat dibuktikan bahwa mangrove Sonneratia alba memiliki potensi sebagai antikolesterol. Adanya kandungan antikolesterol dalam daun Sonneratia alba dapat diaplikasikan dalam sebuah produk agar pemanfaatan daun mangrove lebih maksimal. Maka dari itu, penelitian ini memanfaatkan daun Sonneratia alba untuk dijadikan teh rendah tanin yang memiliki kandungan antikolesterol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teh daun mangrove Sonneratia alba mempunyai aktivitas antikolesterol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2018 hingga Maret 2019 di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan dan Laboratorium Hidrobiologi Divisi Lingkungan dan Bioteknologi Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Univesitas Brawijaya Malang. Uji Antikolesterol dan Uji Kadar Serat dilaksanakan di Laboratorium Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya pada Maret 2019. Uji LC-MS dilaksanakan di Pusat Laboratorium Forensik, Jakarta pada bulan Maret 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu mengurangi kadar tanin pada daun Sonneratia alba menggunakan abu sekam padi dengan konsentrasi dan lama waktu yang telah ditentukan kemudian diuji kadar taninnya. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian pendahuluan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 3 ulangan. Penelitian utama meliputi uji kadar tanin, uji aktivitas antioksidan metode DPPH, uji aktivitas antioksidan metode FRAP, kadar air, kadar abu, kadar serat kasar, uji fitokimia, uji antikolesterol, dan uji LC-MS. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian utama adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan 3 ulangan. Berdasarkan hasil pengujian aktivitas antikolesterol, pada perlakuan kontrol negatif mendapatkan % penurunan kadar kolesterol sebesar 7,82% sedangkan pada kontrol positif mendapatkan hasil sebesar 47,51%. Pada perlakuan sampel uji yakni ekstrak teh daun Sonneratia alba pada konsentrasi 500 ppm mendapatkan % penurunan kadar kolesterol sebesar 47,24%, sedangkan pada konsentrasi 600 ppm mendapatkan hasil sebesar 50,08% dan pada konsentrasi 700 ppm mendapatkan hasil 51,17%.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/757/051908825
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.33 Spesific food from plant crops
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Nov 2020 15:58
Last Modified: 19 Oct 2021 07:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/177256
[thumbnail of ACHYAR NAUFALZUHDI (2).pdf]
Preview
Text
ACHYAR NAUFALZUHDI (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item