Faktor – Faktor Minat yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Ayam Olahan di Ayam Uleg Cak Abit Kota Malang

Bahari, Audo (2019) Faktor – Faktor Minat yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Ayam Olahan di Ayam Uleg Cak Abit Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging ayam merupakan bahan yang dapat diolah menjadi berbagai inovasi produk makan berdasarkan minat seseorang. Tingkat produksi daging ayam ras pedaging di Jawa Timur yang terus meningkat dari tahun 2012 hingga 2018 mencapai 3%. Sehingga tempat usaha kuliner dalam menyajikan produk ayam olahan serta harus memiliki inovasi guna mempengaruhi minat konsumen. Perilaku konsumen dapat didenifisikan sebagai kegiatan-kegiatan individu secara langsung terlibat dalam memperoleh dan mempergunakan barang-barang serta jasa-jasa termasuk di dalam proses pengambilan keputusan sehingga terdapat persiapan dan penentuan kegiatan-kegiatan guna mengidentifikasi dari konsumen. Ayam Uleg Cak Abit merupakan produk ayam olahan yang digoreng dan diuleg langsung bersama sambal. Beberapa pilihan macam sambal, sangat cocok bagi pecinta kuliner, terutama yang sangat menyukai olahan makanan pedas. Varian menu produk ayam olahan yang disajikan yaitu ayam uleg (ayam goreng) dan ayam crispy. Perlu adanya penelitian ini guna mengetahui karakteristik dari konsumen yang dapat menjadi obyek penjualan dan pemasaran akan memberikan penilaian atas produk ayam olahan melalui keputusan pembelian tersebut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keputusan pembelian produk ayam olahan dengan mengidentifikasi konsumen berdasarkan Theory of Planned Behavior (TPB) terdiri dari faktor sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku yang diterapkan di Ayam Uleg Cak Abit. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Ayam Uleg Cak Abit pada cabang pusat yang berada di Jalan Raya M.T. Haryono Ruko Blok A No. 1A, Kota Malang pada tanggal 8 Oktober 2018 hingga 9 November 2018. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling yakni teknik yang menentukan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Obyek penelitian yaitu konsumen Ayam Uleg Cak Abit dengan total responden 100 dalam 1 lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis faktor pada keseluruhan sub variabel dapat diurutkan dari yang terbesar terhadap nilai variance % seperti F1 “Keyakinan Perilaku”, F2 “Evaluasi Konsekuensi”, F3 “Motivasi Mematuhi”, F4 “Keyakinan Normatif”, F5 “Pengalaman Masa Lalu”, F6 “Keyakinan Sulit”. Hasil uji t pada F1 pendidikan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung -0,623 < ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,054. Hasil uji t pada F2 pendapatan terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 0,574 < ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,567. Hasil uji t bahwa F3 keyakinan perilaku terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 3,405 > ttabel 1,986. Hasil uji t pada F4 evaluasi konsekuensi terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 4,316 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji t pada F5 motivasi mematuhi terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 3,183 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,002. Hasil uji t pada F6 keyakinan normatif terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 3,590 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,001. Hasil uji t pada F7 pengalaman masa lalu terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 2,585 > ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,011. Hasil uji t pada F8 keyakinan sulit terhadap variabel keputusan pembelian (Y) menghasilkan thitung 0,650 < ttabel 1,986 dengan nilai signifikansi 0,517. Hasil uji statistik F dengan nilai signifikansi 0,013. Nilai F (10,867) > nilai Ftabel (2,699) dan nilai signifikansi (0,000) < dari 0,05 pada keseluruhan sub variabel. Koefisien determinasi dengan nilai koefisien determinasi (R2) untuk Ayam Uleg Cak Abit sebesar 0,412 atau sebesar 41,2 % variabel Y (keputusan pembelian) dapat dijelaskan bahwa sub variabel yang mewakili variabel sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku (variabel X) menunjukkan hubungan yang saling kuat. Kesimpulan penelitian ini adalah karakteristik konsumen yang datang di Ayam Uleg Cak Abit adalah pelajar/mahasiswa dengan latar belakang pendidikan SMA, berasal dari luar Kota Malang, memiliki umur 16-21 tahun, dan memiliki pendapatan < Rp. 1 juta. Berdasarkan analisis faktor bahwa faktor minat yang diterapkan oleh Ayam Uleg Cak Abit dan berhasil mempengaruhi keputusan pembelian yaitu keyakinan perilaku, evaluasi konsekuensi, motivasi mematuhi, keyakinan normatif dan pengalaman masa lalu. Seluruh variabel bebas yaitu pendidikan, pendapatan dan keyakinan yang sulit mendapatkan presepsi terbaik dari konsumen Ayam Uleg Cak Abit Kota Malang. Penilaian tertinggi yang dapat diurutkan pada variabel sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku yang mempengaruhi keputusan pembelian.

English Abstract

The purpose of this research was to analysis the purchasing decision of processed chicken products through model the Theory Planned Behavior (TPB). Research was conducted in Chiecken Uleg Cak Abit. Purposive sampling method was used choose 100 customers by respondents. Data ware collected 08 october – 09 november 2018. The data ware analyzed using multiple linier. Interest factors applied by Cak Abit chickens are attitudes that are influenced by behavioral beliefs (due to trends and present) and consequence evaluations (convincing to gather, habits of consuming and steaming evaluated), subjective norms influenced by motivation to comply (chili sauce based on testimony , introduction of old products) and normative beliefs (product safety, looking at prices presented and according to consumer demand) and behavioral controls that are influenced by past experiences (due to products, good taste, ingredients used and services) and difficult beliefs (prices that offered for all groups, based on the amount and price comparison). The decision to purchase processed chicken products at Cak Abit Chicken is determined by consumer criteria for the quality of crispy / giant chicken, such as: taste, crunchy texture, attractive appearance and affordable prices for all groups of consumers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/273/051910059
Uncontrolled Keywords: purchase, behavioral, consumers
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:00
Last Modified: 10 Aug 2020 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/176112
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item