Korelasi Antara Indeks Bentuk Telur Terhadap Fertilitas Dan Daya Tetas Telur Itik Hibrida Dengan Kerabang Putih Dan Hijau

Prastyawan, Handika Wahyu (2019) Korelasi Antara Indeks Bentuk Telur Terhadap Fertilitas Dan Daya Tetas Telur Itik Hibrida Dengan Kerabang Putih Dan Hijau. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan ditempat penetasan telur itik milik Bapak Nana Mulyana yang berlokasi di Kecamatan Perak Kabupaten Jombang Jawa Timur, mulai tanggal 1 September sampai 30 September 2018 dengan menggunakan telur tetas sebanyak 122 butir. Sementara itu, telur tetas di peroleh dari peternakan itik milik H.Samsul yang berada di Kecamatan Mojosari, Mojokerto, Jawa Timur. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat korelasi antara indeks bentuk telur terhadap fertilitas dan daya tetas telur itik hibrida berkerabang hijau dan putih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan melakukan pengukuran langsung. Variabel yang diamati adalah indeks telur, fertilitas dan daya tetas. Materi yang di amati dalam penelitian ini adalah telur tetas hasil dari itik hibrida sebanyak 122 butir yang telah diseleksi dan telah memenuhi syarat sebagai telur tetas. Telur tetas disimpan selama 3 hari sebelum dimasukkan ke dalam telur tetas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan indeks bentuk telur itik hibrida yang berkerabang hijau adalah 75,22% dan berkerabang putih adalah 80,00%. Koefisien korelasi antara indeks bentuk telur dengan fertilitas pada telur kerabang hijau adalah 0,037. Sedangkan pada telur kerabang putih adalah sebesar -0,136. Nilai koefisiensi korelasi indeks bentuk telur dengan daya tetas telur kerabang hijau adalah sebesar -0.080, Sedangkan pada telur kerabang putih sebesar -0,144. Nilai koefisien korelasi indeks bentuk telur terhadap fertilitas telur kerabang hijau dan putih sebesar -0,129, sedangkan nilai koefisieni korelasi indeks bentuk telur terhadap daya tetas telur kerabang putih sebesar -0,138. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah terdapat korelasi antara indeks bentuk telur terhadap fertilitas dan daya tetas, namun kontribusi yang di hasilkan sangat lemah. Saran yang dapat di berikan adalah tidak perlu di lakukan seleksi telur tetas terhadap indeks bentuk telur karena kontribusi indeks bentuk telur terhadap fertilitas dan daya tetas sangat rendah. Namun demikian, perlu juga disarankan untuk melakukan penelitian dengan jumlah telur tetas yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena hasil penelitian ini bertentangan dengan teori yang ada, dimana indeks bentuk telur memberikan kontribusi yang besar terutama pada daya tetasnya.

English Abstract

The purpose of this research was to study green shell correlation between eggs shape index toward fertility and hatchability on white and green shell of hybrid duck eggs. Hatching eggs were obtained from local farmer located at Jombang, East Java Province, derived from hybrid duck crossbreeding between Campbell and local duck. Therefore 122 eggs thereof were conducted to incubation for 28 days. Variables measured on this reseach were, eggs shape index, fertlility, and hatchability. The results showed that the average eggs shape index of hybrid duck eggs with green shell was 75% while white eggs shell shape index was 80%. The correlation coefficient between the eggs shape index and fertility of green egg shell was 0,037. Eggs shape index correlation coefficient to fertility of white egg shell was -0,136. Correlation coefficient eggs shape index to hatchability of grenn egg shell was 0.080 and the value correlation coefficient eggs shape index against hatchability of white egg shell -0,144. It can be concluded that the correlation between eggs shape index toward fertility and hactchability on hybrid duct eggs was poor, therefor, it is suggested that it is not rescessery to do selection on eggs shape index prior to incubation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/253/051910039
Uncontrolled Keywords: eggs shape index, fertility, hatchability
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.5 Chickens and other kinds of domestic birds > 636.51 Poultry for specific purposes > 636.514 2 Eggs / Birds--Eggs / Birds--Nests / Eggs--Production
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:37
Last Modified: 17 Sep 2020 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175980
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item