Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Western Food Pada Pemasaran Online Di Restaurant Calories Kota Malang

Haque, Moh. Denny (2019) Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Western Food Pada Pemasaran Online Di Restaurant Calories Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, memunculkan tren baru dalam masyarakat, salah satunya yaitu online marketing/e-marketing (pemasaran online). Saat ini seseorang dapat dengan mudah melakukan pembelian berbagai macam kebutuhan melalui internet tanpa harus ke tempat penjualnya, tak terkecuali makanan. Sebelum memutuskan untuk membeli produk makanan secara online tentunya ada faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian makanan (western food). Faktor-faktor tersebut bisa berupa faktor internal yang muncul dari diri orang itu sendiri ataupun faktor eksternal yang berasal dari lingkungan ataupun cara pemasaran dari produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan selama satu bulan dimulai tanggal 1-30 April 2019 di restaurant Calories Kota Malang yang beralamat di Jl. Soekarno Hatta, 59A Kota Malang, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen, perilaku konsumen dan faktor-faktor yangviii mempengaruhi keputusan pembelian western food pada pemasaran online. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 100 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu dilakukan kunjungan untuk pengumpulan data responden dengan menggunakan angket atau kuisioner untuk diolah menjadi suatu hasil analisis data. Penentuan responden menggunakan cara purposive sampling dan accidental sampling. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karakteristik konsumen yang melakukan keputusan pembelian western food di restaurant Calories pada pemasaran online yaitu perempuan berusia 21-30 tahun yang merupakan pelajar/mahasiswa dengan pendapatan sebesar Rp.1000.000- 2.000.000 dan tingkat pendidikan perguruan tinggi. Keputusan pembelian konsumen didasarkan pada dissonance reducing buying behaviour (Y2) atau perilaku membeli mengurangi ketidakcocokan dengan nilai rata-rata persepsi konsumen sebesar 3,13, complex buying behaviour/ keputusan pembelian yang komplek (Y1) dengan nilai rata-rata persepsi konsumen sebesar 3,03, habitual buying behaviour/ keputusan pembelian karena kebiasaan (Y3) dan variety seeeking behaviour/ keputusan pembelian yang mencari variasi (Y4) dengan nilai rata-rata persepsi konsumen masing-masing sebesar 3. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda didapatkan hasil indeks kualitas dan harga produk, indeks distribusi online, indeks promosi member, indeks rasa dan keleluasaan media sosial memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian western food di restaurant Calories pada pemasaran online. Diperoleh persamaan regresi Y= 14.348 + 0,325 F1 + 0,590 F2 + 0,298 F3 + 0,293 F4 dan nilai R square sebesar 0,614 yang artinya keputusan pembelian western foodix di restaurant Calories pada pemasaran online dipengaruhi oleh indeks kualitas harga produk, distribusi online, promosi member, rasa dan keleluasaan media sosial sebesar 61,4% dan sisanya sebesar 38,6% dipengaruhi oleh indeks/faktor diluar penelitian ini. Hasil perhitungan nilai F hitung>Ftabel yaitu 18,094 > 2,04 dan nilai Sig. F 0,000 < 0,05 maka analisis regresi adalah signifikan dan pada uji t diperoleh hasil semua thitung>t tabel (0,198) yang artinya keempat indeks tersebut berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian western food di restaurant Calories pada pemasaran online. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Karakteristik konsumen online yang melakukan pembelian western food di restaurant Calories mahasiswi berusia 21-30 tahun dengan pendapatan Rp. 1.000.000-Rp. 2.000.000. Pengambilan keputusan pembelian online western food terutamanya didasarkan pada keputusan pembelian mengurangi ketidakcocokan produk dan pertimbangan selanjutnya yaitu perilaku membeli yang komplek, kebiasaan dan mencari variasi. Keputusan pembelian online meningkat dengan adanya penerapan strategi restoran yaitu kualitas dan keterjangkauan harga, lokasi strategis dan netizen, promosi member dan rasa dan keleluasaan media sosial.

English Abstract

The research was conducted at Calories restaurants in the city of Malang. Research investigated the characteristics of consumer, consumer behaviour and factors that influence the decision to purchase western food on online marketing. 100 consumers who purchase western food at restaurant Calories on online marketing were selection by purposive method. Survey data were carried out during one month from April 1st to 30th, 2019 to obtain primary data. Secondary data were obtained by interviewing the staff of the restaurant. Descriptive analysis, factors analysis and regression analysis were applied to analyse the data. Results of found online consumers were represented by female student aged 21-30 years old with university education. Online purchasing decision toward western food were primarily determined by dissonance buying behaviour and followed by complex buying behaviour, habitual buying behaviour and variety seeking buying behaviour. Buying decision towards western food increased since the restaurant offered the following onlinevi marketing strategies including the product quality and affordable price, the strategic location and netizen, the online promotion as well as the products taste and social media flexibility

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/182/051909948
Uncontrolled Keywords: purchasing decisions, online marketing, western food
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:54
Last Modified: 24 Oct 2021 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175864
[thumbnail of Moh. Denny Haque (2).pdf] Text
Moh. Denny Haque (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item