Pengaruh Pendidikan Kesehatan Model BASNEF terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Minum Obat pada Lansia dengan Hipertensi.

Kumalasari, Puput Novia (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Model BASNEF terhadap Pengetahuan dan Kepatuhan Minum Obat pada Lansia dengan Hipertensi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hipertensi menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita lansia saat ini. Untuk dapat mengontrol dan mengurangi angka kejadian hipertensi diperlukan tingkat pengetahuan dan kepatuhan minum obat yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan model BASNEF terhadap pengetahuan dan kepatuhan minum obat pada lansia dengan hipertensi. Penelitian ini berjenis quasy experimental, dan menggunakan pretestposttest design, dengan responden sejumlah 40 orang lansia, dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data dianalisa secara univariat dan bivariat menggunakan uji Wilcoxon dengan α < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai posttest pengetahuan dan kepatuhan minum obat. Nilai pengetahuan meningkat dari 26,88 menjadi 34,87 dan untuk kepatuhan minum obat dari 1,85 menjadi 5,05. P value 0,000 di kedua variabel menunjukkan bahwa peningkatan nilai tersebut merupakan peningkatan bermakna, yang berarti ada pengaruh signifikan berupa peningkatan pengetahuan dan kepatuhan minum obat pada lansia dengan hipertensi setelah diberikan pendidikan kesehatan model BASNEF.

English Abstract

Hypertension is one of the most common diseases in elderly today. A good level of knowledge and medication compliance is needed to be able to control and reduce the incidence of hypertension. Purpose of this study was to analyze effect of BASNEF model health education on knowledge and medication compliance in elderly with hypertension. This research is quasy experimental type, and uses pretest-posttest design, with 40 elderly people as respondents, selected using purposive sampling technique. Data was collected using a questionnaire. Data were univariate and bivariate analyzed using Wilcoxon test with α <0.05. The results showed an increase in knowledge and medication compliance posttest. Knowledge score increased from 26.88 to 34.87 and for medication adherence from 1.85 to 5.05. P value 0,000 in both variables indicates that the increased score is a significant increase, which means that there is a significant effect in the form of increasing knowledge and medication adherence for elderly people with hypertension after being given BASNEF model health education.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/49/051909106
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, BASNEF, Pengetahuan, Kepatuhan Minum Obat, Lansia, Hipertensi, Health Education, BASNEF, Knowledge, Compliance with Medication, Elderly, Hypertension
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.1 Diseases of cardiovascular system > 616.13 Diseases of blood vessels > 616.132 Hypertension
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:44
Last Modified: 19 Oct 2021 03:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175702
[thumbnail of Puput Novia Kumalasari.pdf]
Preview
Text
Puput Novia Kumalasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item