Analisis Collaborative Governance dalam Pengelolaan Pasar Tanah Abang

Dachlan, Achmad (2019) Analisis Collaborative Governance dalam Pengelolaan Pasar Tanah Abang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Governance merupakan suatu sistem yang melibatkan sektor swasta, masyarakat, dan pemerintahan. Governance dapat diimplementasikan dalam pengelolaan pasar tradisional. Dalam penelitian ini, Pasar Tanah Abang Blok A yang berada didalam naungan Perumda Pasar Jaya dikelola oleh swasta melalui PT Cakrawala Tirta Buana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses kolaborasi antara aktor pemerintah dan non-pemerintah. Peneliti menggunakan teori Collaborative Governance menurut Anshell dan Gash (2007). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Data yang dihasilkan berdasarkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Perumda Pasar Jaya memiliki keterbatasan SDM yang memiliki kualifikasi dalam mengelola gedung tinggi. Proses perawatan dan perbaikan gedung membutuhkan anggaran yang besar. Proses perbaikan dan perawatan harus melalui persetujuan Kantor Pusat Perumda Pasar Jaya; (2) Proses kolaborasi yang terjadi dalam pengelolaan Pasar Tanah Abang Blok A telah sesuai dengan PKS. Tetapi dalam proses kolaborasi membutuhkan rentang waktu yang lama untuk dapat berjalan sesuai Standar Operasional Prosedur melihat kondisi Pasar Tanah Abang sangat dinamis; (3) Tindakan membangun kepercayaan dan komitmen yang dilakukan PT Cakrawala Tirta Buana dengan rutin melaporkan dan tepat waktu dalam memberikan hasil kompensasi kepada Perumda Pasar Jaya. Pemahaman bersama yang terjadi dalam proses kolaborasi diperkuat dengan adanya suatu permasalahan bersama yaitu PKL dan kebersihan pasar; (4) Hasil dari kolaborasi yang telah dilaksanakan menjadi bahan acuan dalam menentukan keputusan pengelolaan Pasar Tanah Abang Blok A selanjutnya. Proses perencanaan pengelolaan Pasar Tanah Abang kurang melibatkan Unit Pasar Besar Tanah Abang Blok A-G. Proses perencanaan bersifat top down.

English Abstract

Governance is a system that involves private sector, community, and government. Governance system can be implemented in traditional market management. In this paper, Blok A Tanah Abang Market is managed by Perumda Pasar Jaya and it is being controlled by the private sector, PT. Cakrawala Tirta Buana. The objectives of this research are to describe and analyze the collaborative progress between government and non-government. This research used the theory of Collaborative Governance according to Anshell and Gash (2007) . This research used the descriptive qualitative method that acquired by using purposive sampling technique. The data generated based on observations, interviews, and documentations. The result showed that: (1) Perumda Pasar Jaya is lack of human resources to have the qualifications to manage high buildings. The repair and maintenance process requires a big cost. The repair and maintenance process need an approval from Perumda Pasar Jaya Headquarters; (2) The collaboration that occurs in the management of Tanah Abang Market Blok A is appropriate as to PKS. Seeing Tanah Abang Market is very dynamic, the process of this collaboration requires a long time span to be able to run according to the Standard of Operating Procedures; (3) To build trust and commitment, PT Cakrawala Tirta Buana regularly reporting in giving compensation to Perumda Pasar Jaya. The shared understanding in this collaboration is strengthened with the shared problem which is PKL and cleanliness; (4) The result of this collaboration is become the main reference in deciding the next management of Pasar Tanah Abang Blok A. The management planning process of Tanah Abang does not involved Unit Pasar Besar Tanah Abang Blok A-G. This planning process itself is a top-down.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/755/051908174
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional, collaborative governance, Kerjasama, Traditional Market, Collaborative Governance, Cooperation
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Nov 2020 17:06
Last Modified: 11 Nov 2020 17:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175052
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item