Analisis Framing Pan dan Kosicki Pemberitaan Politainment Jokowi dalam Tribunnews.com pada Masa Kampanye PILPRES 2019

Lestari, Mayang Sari Indar (2019) Analisis Framing Pan dan Kosicki Pemberitaan Politainment Jokowi dalam Tribunnews.com pada Masa Kampanye PILPRES 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Politainment hadir seakan menjadi jawaban atas permasalahan yang menghimpit politisi untuk lebih kreatif melakukan kampanye dan media yang dituntut untuk menghasilkan profit di zaman yang semakin kompetitif. Di tengah keramaian kampanye PILPRES 2019 Tribunnews.com melakukan praktik politainment dengan memproduksi pemberitaan yang berkaitan dengan kehidupan pribadi Jokowi. Peneliti menemukan 21 berita yang terindikasi sebagai produk dari praktik politainment. Dengan adanya politainment, berita politik yang seringkali dianggap kaku dan serius berubah menjadi informasi yang ringan dan menghibur. Namun, hal ini mengakibatkan khalayak menjadi lebih sulit untuk mengkategorisasi dan mengevaluasi kompetensi para politisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi pemberitaan tentang Jokowi yang dibangun oleh Tribunnews serta bagaimana cara membangunnya. Untuk menjelaskan fenomena tersebut peneliti menggunakan teori konstruksi realitas sosial Peter Berger dan Thomas Luckman, serta teori analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald Kosicki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis framing model Pan dan Kosicki. Berita yang dihimpun peneliti merupakan berita yang terbit pada periode 1 Januari hingga 13 April 2019. Dari penelitian ini kita dapat melihat bahwa Tribunnews.com mengonstruksi citra Jokowi sebagai seseorang yang merakyat, berjiwa muda, sukses dalam memimpin keluarga, religius, dan berpenampilan santai. Konstruksi tersebut dibangun dari tema pemberitaan yang mengarah pada personalisasi dan sensasionalisme hingga membuat Jokowi menjadi celebrity politician. Selain itu beberapa citra Jokowi ditekankan melalui pemilihan kata, judul yang bombastis, serta foto-foto yang terlampir.

English Abstract

The excitement of the 2019 Presidential Election campaign began on September 23, 2018 and ended on April 13, 2019. At that time the candidates needs media to convey their political messages and on the other hands the media also needs politician to fill news content. As the era evolves, the media and politicians are required to be more creative in reaching their segments.the presence of politainment, which is a mixture of politics and entertainment, is considered capable of overcoming that problem. But on the other hand, politainment makes information and entertainment mixed so that it can complicate the categorizaton and evaluation the competency of politician. At that time Jokowi as the President of Republic of Indonesia as well as the most popular candidate among the others had a share of politainment coverage in Tribunnews.com. This study aims to determine the construction of news about Jokowi built by Tribunnews and how to build it. To explain this phenomenon, researchers used the theory of social construction of reality from Peter Berger and Thomas Luckman, researcher also used the theory of framing analysis from Zhongdang Pan and Gerald Kosicki. The method used in this study is the framing analysis from Pan and Kosicki models. The news collected by researcher is news published in the period January 1 to April 13, 2019. From this research we can see that Tribunnews.com constructed Jokowi’s image as someone who was populist, young at heart, successful in leading families, religious, and relaxed in appearance. The construction was built on the theme of news that led to personalization and sensationalism to make Jokowi a celebrity politician. In addition, some of Jokowi’s image are emphasized through word selection, bombastic titles, and photographs attached.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/899/051908317
Uncontrolled Keywords: kampanye, demokrasi, PILPRES 2019, politainment, campaign, democracy, PILPRES 2019, politainment
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Nov 2020 00:24
Last Modified: 19 May 2022 03:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174732
[thumbnail of Mayang Sari Indar Lestari (2).pdf] Text
Mayang Sari Indar Lestari (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item