Analisis Wacana Stereotip Gender Perempuan dalam Film Kartun Anak (Studi Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills dalam film Animasi Disney Princess Mulan)

Kirana, Amanda Putri (2019) Analisis Wacana Stereotip Gender Perempuan dalam Film Kartun Anak (Studi Analisis Wacana Kritis Model Sara Mills dalam film Animasi Disney Princess Mulan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana penggambaran stereotip gender perempuan dalam film Disney Mulan, yang memiliki label sebagai Film Disney feminis dan menunjukkan keberpihakannya pada perempuan. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dalam penelitian ini. Kemudian, peneliti menggunakan metode analisis wacana kritis model Sara Mills dalam analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkritisi wacana mengenai penggambaran stereotip gender perempuan yang terdapat dalam Film Disney Princess Mulan melalui posisi subjek-objek aktor dalam film serta posisi penulis dan juga pembaca dalam menginterpretasikan penggambaran perempuan dalam film tersebut. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa dalam film Disney, perempuan masih saja menjadi objek yang kehadirannya dideskripsikan oleh subjek pencerita (pembuat film). Meskipun film ini menggambarkan tentang kepahlawanan perempuan, namun sudut pandang penceritaan masih berasal dari budaya patriarki sehingga cerita kepahlawanannya tersebut tetap saja berbeda dan tidak akan setara dengan laki-laki. Peneliti juga mendapatkan hasil bahwa stereotip perempuan dalam film Mulan dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis (Klestina, 1998) yaitu berdasarkan aspek feminitasnya (perempuan bergantung dengan orang lain, memiliki sikap emosional dan pastif), aspek bidang pekerjaan (perempuan digambarkan lebih cocok mengerjakan pekerjaan domestik), dan perannya dalam keluarga (menikah dan memberikan keturunan).

English Abstract

This research is discussing gender stereotype especially the female characters in the movie, which is Disney Mulan that labeled as a Feminism movie and indicated its siding to female. The writer using a qualitative approach with a descriptive type of research. Furthermore, the writer is using critical discourse analysis of Sara Mill's model inside the analysis. This research aims to analyze and criticize the discourse about the stereotype portrayal of female that happened in Disney Movie Princess Mulan through the subject-object and actors point of view in the movie and also the writer and the reader point of view in term of interpreted the portrayal of female in the movie. The outcome of this research that is inside this Disney Movie, female still become an object to the scriptwriter that their presence described by the actor not other than the movie maker. Although this movie is describing a female can be heroic too, sadly the storytelling came from patriarchy culture, therefore, the heroic story of Mulan is will not be equal as male. The writer also realized that female stereotype inside Mulan's movie will be classified as 3 kinds (Klestina, 1998) they are based on the feminism (female are relying to the others, and has a lot of emotions to handle and passive), based on the field of work (portrayed that female is more suitable to work domestic work), and the last but not least their role in the family (to get married and give a birth).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/858/051908276
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis Sara Mills, Stereotip, Perempuan, Film, Critical Discourse Analysis of Sara Mills, Stereotype, Woman, Film
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 014 Discourse Analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:48
Last Modified: 11 Aug 2020 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174650
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item