Selebriti dalam Ruang Media Sosial (Komodifikasi Privasi Selebriti oleh Akun @lambe_turah di Instagram)

Ramadhani, Pipit Ika (2019) Selebriti dalam Ruang Media Sosial (Komodifikasi Privasi Selebriti oleh Akun @lambe_turah di Instagram). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media sosial Instagram menjadi salah satu platform yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Akun @lambe_turah hadir di Instagram sebagai salah satu akun gossip yang memiliki banyak pengikut. Kemunculan @lambe_turah menjadi perhatian warganet karena informasi yang diunggah merupakan privasi selebriti. @lambe_turah mengunggah aktivitas selebriti yang bersifat pribadi dengan gaya paparazzi. Seringkali informasi yang diunggah oleh @lambe_turah belum diberitakan di media gossip konvensional lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan praktik komodifikasi privasi selebriti oleh akun @Lambe_turah pada di Instagram dengan menggunakan teori Komodifikasi Vincen Mosco. Peneliti menggunakan metode analisis wacana Teun Van Dijk dengan menganalisis tiga elemen, yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa privasi selebriti menjadi komoditi dalam unggahan @lambe_turah. Privasi selebriti diunggah sebagai upaya @lambe_turah untuk mempertahankan keberadaannya sebagai akun gossip yang mengedepankan keterbaruan informasi seputar selebriti. Dengan banyaknya jumlah pengikut pada akun @lambe_turah dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan finansial dengan membuka kesempatan bagi pengiklan untuk promosi. Nilai tukar dari pengiklan dipengaruhi oleh banyaknya pengikut pada akun @lambe_turah. Pada akhirnya, privasi selebriti dimanfaatkan oleh @lambe_turah untuk mempertahankan atau meningkatkan nilai tukar terhadap pengiklan.

English Abstract

Instagram become one of social media platform that has many users in Indonesia. The @lambe_turah account appears on Instagram as a gossip account that has a large following. The appearance of @lambe_turah is of concern to netizens because the information uploaded is the privacy of celebrities. @lambe_turah uploaded a personal activity of a celebrity in paparazzi style. information uploaded by @lambe_turah is often not reported in other conventional gossip media. This study aims to describe the practice of the commodification of celebrity privacy by the @Lambe_turah account on Instagram using the Vincen Mosco theory of Commodification. Researchers used the Teun Van Dijk discourse analysis method by analyzing three elements, namely text, social cognition, and social context. The results showed that celebrity privacy became a commodity in @lambe_turah uploads. Celebrity privacy was uploaded as an effort @lambe_turah to maintain its existence as a gossip account that emphasizes the updating of information about celebrities. The large number of followers on the @lambe_turah account is used to obtain financial benefits by opening opportunities for advertisers to promote. The exchange rate of advertisers is influenced by the number of followers on the @lambe_turah account. In the end, celebrity privacy is used by @lambe_turah to maintain or increase the exchange rate of advertisers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/882/051908300
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Selebriti, Komodifikasi, Privasi, Instagram, Social Media, Celebrity, Commodification, Privacy
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Nov 2020 15:39
Last Modified: 11 Nov 2020 15:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174624
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item