Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim Dalam Memilih Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Melalui Bank Syariah

Rahayu, Nadya Putri (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Muslim Dalam Memilih Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Melalui Bank Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan nasabah muslim dalam memilih pembiayaan KPR melalui bank syariah. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden nasabah yang sudah memilih produk KPR melalui bank syariah di Kota Malang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel prosedur pemberian kredit, kualitas pelayanan, tingkat biaya, dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan nasabah muslim dalam memilih pembiayaan KPR melalui bank syariah. Sedangkan variabel pengetahuan tidak mempunyai pengaruh yang siginifikan terhadap variabel keputusan nasabah muslim dalam memilih pembiayaan KPR melalui bank syariah. Hal ini dikarenakan konsumen memilih produk KPR syariah memang faktor dari dalam dirinya yang didorong oleh adanya nilai-nilai Islami yang memang sudah melekat pada produk KPR syariah, sehingga nasabah yang sudah menggunakan KPR syariah, sudah pasti mempertimbangkan iman dan akhlaknya dalam memilih KPR syariah tanpa ada keterkaitan informasi darimana mengetahui produk, maupun hal-hal lain yang berkaitan dengan informasi tentang produk tersebut.

English Abstract

The purpose of this research is to know what are the factors that can be affected Moslem customer decisions in order to choose financing of House Ownership Credit (KPR) through Islamic banks. In this research used 100 customers as respondents who have chosen House Ownership Credit (KPR) products through Islamic banks in Malang City. Data of this research was collected by using questionnaire. Therefore, this research used multiple linear regression analysis with the SPSS program as a method. The result of this research shows that procedure variables for granting credit, service quality, cost level, and religiosity have a positive effect and significant effect on the variable decisions of Moslem customers in choosing financing of House Ownership Credit (KPR) through Islamic banks. Meanwhile, the knowledge variable does not have a significant effect on the variable decision of Moslem customers in choosing House Ownership Credit (KPR) financing through Islamic banks. This is because consumers choose a House Ownership Credit (KPR) product with such growth factors in her being driven by Islamic values that are already attached to the mortgage products of sharia, so that customers who are already using House Ownership Credit (KPR) sharia, certainly consider faith and moral in choosing a House Ownership Credit (KPR) sharia without any information linkages from where to know the product, as well as other matters relating to information about the product.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/396/051907947
Uncontrolled Keywords: Kredit Pemilikan Rumah, keputusan nasabah muslim dalam memilih pembiayaan, perbankan syariah, House Ownership Credit, Decision of Moslem Customers in Order to Choose Financing, Islamic Banks
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:01
Last Modified: 10 Aug 2020 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174361
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item