Ramadhani, Mutiara Sendhy (2019) Kualitas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massal Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Di Kantor Pertanahan Kabupaten Malang Ptsl (Studi Pada Desa Sumberagung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik tentang Kualiatas Pelayanan Sertifikasi Tanah Secara Massa! melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang, faktor pendukung dan penghambat di Desa SumberAgung Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian metode kualitatif merupakan penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan peristiwa yang terjadi di lapangan dengan menyajikan data secara tertata, fakta, dan sesuai dengan informasi yang didapatkan. Pengumpulan data dengan melakukan tiga teknik yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan mengumpulkan penyajian data, penarikan kesimpulan dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang menerapkan dimensi Tengibel, Realiability, Responsivisness, Assurance, dan Emphaty beserta indikator lain yang berkaitan dengan Kualitas Pelayanan Publik. Namun terdapat beberapa faktor yang belum sesuai harapan dari masyarakat di Desa Sumberagung Kecamatan N gantang Kabupaten Malang. Faktor penghambat dalam proses pelayanan kepada masyarakat antara lain kurang cepat dalam menyelesaikan layanan proses sertifikasi tanah dan kurangnya pemahaman untuk memenuhi persyaratan pada saat pengumpulan pemberkasan Data Yuridis dan Data Fisik. Sedangkan faktor pendukung berdasarkan layanan yang diberikan adalah mengadakan sosialisasi dan penyuluhan desa tentang Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang senantiasa memberikan pemahaman dan pengarahan oleh Tim Panitia yang sudah dibentuk dari Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang. Kesimpulan yang didapatkan yaitu, setiap pemerintah memberikan Kualitas Pelayanan Publik yang dilakukan bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan melayani setiap saat secara tepat dan memuaskan.
English Abstract
This study aims to determine the Quality of Public Service about Kualiatas Mass Land Certification Services through a Complete Systematic Land Registration Program (PTSL) in Malang Regency National Land Agency, supporting and inhibiting factors in Sumber Agung Village, Ngantang District, Malang Regency. The research method used is descriptive research with a qualitative approach. Qualitative method research is research that describes and describes events that occur in the field by presenting data in an orderly manner, facts, and in accordance with the information obtained. Data collection by doing three techniques, namely, observation, interviews and documentation. Analysis of data obtained in this study by collecting data presentation, drawing conclusions and reducing data. The results of this study indicate that the Quality of Public Services in the Malang Regency National Land Agency Office applies the Tengibel, Realiability, Responsivisness, Assurance, and Emphaty dimensions along with other indicators related to the Quality of Public Services. However, there are several factors that have not matched the expectations of the people in Sumberagung Village, Ngantang Sub-District, Malang Regency. Inhibiting factors in the process of service to the community, among others, are not fast enough in completing the land certification process services and lack of understanding to meet the requirements at the time of collecting Juridical Data and Physical Data filing. While the supporting factors based on the services provided are conducting village socialization and counseling on the Complete Systematic Land Registration Program (PTSL) which always provides understanding and direction by the Committee Team that has been formed from the Malang Regency National Land Agency. The conclusions obtained are that each government provides Quality Public Services that are carried out aimed at the welfare of the community and serving at all times appropriately and satisfactorily.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/585/051907584 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 04:58 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 04:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174006 |
Actions (login required)
View Item |