Pengaruh Bauran Ritel terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Hypermart Malang Town Square Kota Malang).

Rachmanto, Diofani Gilang (2019) Pengaruh Bauran Ritel terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Hypermart Malang Town Square Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi yang dapat digunakan oleh para pengusaha bisnis ritel dalam memenangkan persaingan adalah dengan menerapkan strategi bauran ritel yang tepat dan efektif. Untuk meningkatkan nilai tambah usahanya dibandingkan dengan pesaing, biasanya peritel menerapkan unsur dari bauran ritel yang berfokus untuk memuaskan pelanggan serta menciptakan loyal pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) Pengaruh Bauran Ritel terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) Pengaruh Bauran Ritel terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) Pengaruh dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 115 orang responden yang merupakan pelanggan dari Hypermart Malang Town Square dengan menggunakan penentuan purposive sampling method. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan survei melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan dengan analisis data deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bauran Ritel (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,638 dan nilai thitung sebesar 8,805; 2) Bauran Ritel berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,260 dan nilai thitung sebesar 3,089; 3) Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,535 dan nilai thitung sebesar 6,369.

English Abstract

The strategy that can be used by retail business entrepreneurs in winning competition is by implementing an appropriate and effective retail mix strategy. To increase the added value of its business compared to competitors, retailers usually apply elements from the retail mix that can focus on satisfying customers and creating loyal customers. This research aims to analyze dan explain (1) The effect of retail mix on customer satisfaction; (2) The effect of retail mix on customer loyalty; (3) The effect of customer satisfaction on customer loyalty. This research uses explanatory research with a quantitive approach. The sample used amounted to 115 respondents who where customers from Hypermart Malang Town Square using the purposive sampling method. Data collection method used with surveys through questionnaire. Data analysis used is descriptive data analysis and path analysis. The results showed that: 1) Retail Mix (X) had a significant effect on Customer Satisfaction (Y1) with a path coefficient of 0,638 and t count value 8,805; 2) Retail Mix (X) has a significant effect on Customer Loyalty (Y2) with a path coefficient of 0,260 and t count value 3,089; 3) Customer Satisfaction (Y1) has a significant effect on Customer Loyalty (Y2) with a path coefficient of 0,535 and t count value 6,369.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/599/051907737
Uncontrolled Keywords: Bauran Ritel, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:17
Last Modified: 05 Nov 2020 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174003
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item