Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani dalam Memilih Benih Unggul Kedelai di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

Rahmanto, Wahyu (2019) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Petani dalam Memilih Benih Unggul Kedelai di Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komoditas utama sebagai sumber energi manusia di Indonesia terdapat 3 komoditas pokok, yaitu padi, jagung, dan kedelai. Menurut Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) 2014, saat ini kebutuhan benih unggul sulit dipenuhi dikarenakan ketersediaan benih varietas unggul masih sangat terbatas yang mengakibatkan produktivitas hasil kedelai masih rendah. Dengan adanya kendala penggunaan benih unggul yang diikuti dengan meningkatnya kebutuhan benih unggul kedelai, membuat para penangkar benih lokal menjadi produsen yang berkompetisi untuk meningkatkan produksi benih unggul berdaya saing tanpa keterlambatan dalam penyalurannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik petani, proses keputusan petani dalam memilih benih, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan petani sebagai konsumen dalam memilih varietas benih kedelai. Hasil dari penelitian ini, didapat dua puluh satu variabel dengan r hitung lebih besar dari r tabel (0,312) dan Cronbach Alpha sebesar 0,765 yang berarti semua variabel valid dan reliabel. Kemudian, dua puluh satu variabel tersebut dianalisis menggunakan Principal Component Analysis faktor yang bertujuan untuk melakukan prediksi terhadap sejumlah faktor yang akan dihasilkan (Suliyanto 2005). Hasil dari analisis faktor didapat enam faktor yang memepengaruhi keputusan petani dalam memilih benih unggul kedelai yang terdiri dari, Faktor pertama disebut kualitas produk yang terdiri atas variabel kadar air, variabel penampakan benih dalam kemasan, dan variabel daya tumbuh. Faktor kedua disebut faktor psikologis produk yang terdiri dari variabel warna polong, bentuk biji, dan umur panen. Faktor ketiga disebut lingkungan yang terdiri dari variabel ketahanan terhadap penyakit, variabel harga, dan variabel teman sesama petani. Faktor keempat disebut faktor psikologis kemasan yang terdiri atas variabel warna kemasan, variabel desain kemasan, variabel promosi, dan variabel volume benih dalam kemasan. Faktor kelima disebut faktor perbedaan individu yang terdiri atas variabel pendapatan dan pengeluaran rumah tangga pribadi. Kemudian faktor keenam yang disebut faktor ketersediaan produk yang terdiri atas variabel ketersediaan benih dan ukuran biji. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa saran atau strategi kebijakan yang dapat dijadikan bahan masukan produsen benih atau pemerintah yaitu, pihak produsen lebih fokus terhadap variabel-variabel yang menjadi faktor utama. Pokar Masangan lebih mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk benih kedelai unggul yang diproduksi dengan tetap menjaga kemampuan daya tumbuh dan kandungan kadar air benih kedelai, saran bagi pemerintah atau produsen benih untuk menyediakan benih unggul terutama yang bersertifikat dan sesuai dengan keadaan lahan daerah. Menyusun strategi kebijakan dan pemasaran salah satunya dengan melibatkan penyuluh lapang dan promosi langsung pada kelompok tani.

English Abstract

The main commodities as human energy sources in Indonesia are 3 basic commodities, namely rice, corn, and soybeans. According to the 2014 Research Institute for Assorted Nuts and Bulbs (Balitkabi), currently the need for superior seeds is difficult to fulfill because the availability of seeds of superior varieties is still very limited which results in low soybean productivity. With the constraints on the use of superior seeds followed by the increasing need for superior soybean seeds, local breeders become competing producers to increase the production of competitive superior seeds without delays in distribution. This study aims to determine the characteristics of farmers, farmers 'decision processes in selecting seeds, and what factors influence farmers' decisions as consumers in choosing soybean seed varieties. The results of this study, obtained twenty-one variables with r count greater than r table (0.312) and Cronbach Alpha at 0.765 which means all variables are valid and reliable. Then, twenty-one of these variables are analyzed using a Principal Component Analysis factor that aims to predict a number of factors that will be produced (Suliyanto 2005). The results of factor analysis obtained six factors that influence farmers' decisions in choosing superior soybean seeds consisting of, the first factor is called product quality factor which consists of variable moisture content, variable appearance of seeds in packaging, and variable power growth. The second factor is called the psychological factor of the product which consists of variable pod color, seed shape, and age of harvest. The third factor is called the environment which consists of variable resilience to disease, variable price, and variable fellow farmers. The fourth factor is called the psychological packaging which consists of packaging color variables, packaging design variables, promotion variables, and seed volume variables in the packaging. The fifth factor is called the individual difference factor which consists of income variables and personal household expenses. Then the sixth factor is called the product availability factor which consists of variable seed availability and seed size. Based on the results of the study, there are several policy recommendations or strategies that can be used as inputs for seed producers or the government, namely, the producers focus more on the variables which are the main factors. Pokar Masangan further maintains and improves the quality of superior soybean seed products produced while maintaining the ability of the growing power and moisture content of soybean seeds, advice for governments or seed producers to provide superior seeds, especially those that are certified and in accordance with the state of the land. Developing a policy and marketing strategy is one of them by involving field instructors and direct promotion to farmer groups.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/550/051907324
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:50
Last Modified: 05 Dec 2023 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173927
[thumbnail of Wahyu Rahmanto.pdf] Text
Wahyu Rahmanto.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item