Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang)

Bratawidjaja, Farizan Farhan (2019) Analisis Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Kue Lumpur (Studi Kasus Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang memberikan peluang pasar yang baik namun juga memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Hal tersebut perlu disikapi dengan bijak pleh pebisnis agar usahanya dapat bertahan dalam persaingan. Merek merupakan elemen penting dalam suatu usaha, baik jasa maupun produk. Merek dengan ekuitas merek yang baik tentunya akan memiliki integritas di mata konsumen. Ekuitas merek yang tinggi dinilai dari empat faktor utama yaitu adanya kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand association), persepsi kualitas oleh konsumen (perceived quality), dan loyalitas merek (brand loyality) yang kuat (Aaker dan Joachimsthaler dalam Tjiptono, 2005). Faktor-faktor tersebut menjadi perhatian utama bagi Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya untuk dapat memimpin persaingan makanan ringan terutama kue lumpur di Kota Malang karena suatu perusahaan yang memiliki ekuitas merek yang tinggi tentu akan menjadi pilihan utama konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh variabel ekuitas merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kue di Kue Lumpur Muda- Mudi Jaya Malang dan (2) menganalisis variabel ekuitas merek paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk kue di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya Malang. Variabel ekuitas merek memiliki pengaruh simultan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, kesadaran merek dan asosiasi merek memiliki pengaruh positif dan mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan pembelian kue lumpur di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. Namun persepsi kualitas dan loyalitas merek belum memberikan pengaruh positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kue lumpur di Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. Hasil analisis data menunjukan bahwa variabel asosiasi merek merupakan variabel yang paling dominan yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. Items yang ada pada variabel tersebut adalah tampilan yang menggugah selera, varian rasa yang banyak, volume atau isi yang cenderung besar, logo atau simbol yang mudah diingat sampai harga yang cukup terjangkau. Oleh karena itu pihak Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya harus senantiasa setidaknya mempertahankan hal-hal tersebut.Variabel persepsi kualitas dan loyalitas merek yang belum mendapatkan hasil positif karena menurut konsumen, kualitas kue lumpur di manapun masih sama mulai dari rasa yang sama-sama enak, sehingga proses pembuatan yang dianggap sama oleh konsumen dan Kue Lumpur Muda- Mudi Jaya belum menjadi pilihan camilan utama, karena belum puas dengan keunikan yang diberikan Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya, sehingga bisa meninggalkan Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya apabila terjadi kenaikan harga dan belum mempunyai keinginan lebih untuk merekomendasikan Kue Lumpur Muda- Mudi Jaya kepada kerabat. Oleh karena itu pihak Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya harus senantiasa mengembangkan dan menjaga kualitas produksi serta terus berinovasi agar lebih menarik minat beli masyarakat.

English Abstract

Malang provides good market opportunities but also has a high level of competition. This needs to be addressed wisely by the businessmen so that their business can survive. Brand is important element in a business. Brands with good brand equity will certainly have integrity in consumer’s eyes. High brand equity is judged by four main factors, brand awareness, brand association, perceived quality, and strong brand loyalty (Aaker and Joachimsthaler in Tjiptono, 2005). These factors are a major concern for Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya to be able to lead the competition for snacks especially kue lumpur in Malang because a company that has high brand equity will certainly be consumer’s main choice. This study aims to (1) analyze the influence of brand equity variables on consumer decisions in buying cake products in Kue Mud Muda-Mudi Jaya Malang and (2) analyze the most dominant brand equity variables that influence consumer decision in buying cake products in Kue Lumpur Muda- Mudi Jaya Malang. Brand equity variables have a simultaneous influence on purchasing decisions. Partially, brand awareness and brand association have a positive influence and significantly influence the decision to purchase kue lumpur in Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. But the percieved quality and brand loyalty has not had a positive effect and has no significant effect on the decision to purchase kue lumpur in Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya. The results of data analysis show that the brand association variable is the most dominant variable that influences the purchase decision of Kue Lumpur Muda- Mudi Jaya. The items on these variables are an appetizing look, many flavors, volumes or contents that tend to be large, logos or symbols that are easy to be remembered until the price is quite affordable. Therefore, Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya should always maintain these things. Variable perceptions of brand quality and loyalty that have not received positive results because according to consumers, the quality of kue lumpur anywhere is still the same starting from the taste which is equally delicious, so the manufacturing process that is considered the same by consumers and Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya is not yet the main choice of snacks, because consumers are not satisfied with the uniqueness of Kue Lumpur Muda- Mudi Jaya, so consumers can leave Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya if there is a price increase. Therefore, Kue Lumpur Muda-Mudi Jaya should always develop and maintain the quality of production and continue to innovate so that it attracts people's buying interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/624/051907398
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:49
Last Modified: 10 Aug 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173809
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item