Analisis Means-End Chain pada Pembelian Produk Restoran Cepat Saji

ma'rifah, Ainul (2019) Analisis Means-End Chain pada Pembelian Produk Restoran Cepat Saji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

McDonald’s merupakan restoran fast food yang tidak asing bagi para remaja khususnya mahasiswa. Menurut Kwartati (2013), peningkatan pertumbuhan industri restoran cepat saji di Indonesia disebabkan oleh keinginan konsumen terutama kalangan muda mendapatkan pelayanan serba cepat. Pasar mahasiswa sedang berkembang, dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan oleh Knutson (2000) menunjukkan bahwa mahasiswa dan makanan cepat saji menunjukkan keselarasan. Hal tersebut berkaitan dengan pengetahuan produk dan pengetahuan diri. Tentunya tiap konsumen McDonald’s memiliki pengetahuan yang berbeda dilihat dari sasaran konsumennya yang sangat luas. Sehingga dalam penelitian ini ingin melihat perbedaan pola Means-End Chains pada tiap konsumennya khususnya mahasiswa yang dikelompokkan dalam pendekatan geodemografis. Mahasiswa Universitas Brawijaya dianggap memenuhi semua perbedaan karakteristik karena karakteristiknya yang sangat beragam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola Means-End Chain dengan pendekatan geodemografis. Metode analisis pola Means-End Chain dengan pendekatan geodemografis yaitu menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian antara lain Ada karakteristik yang berbeda di tiap konsumen McDonald’s. Dengan pendekatan geodemografis, mayoritas responden adalah laki-laki dengan usia 20 tahun hingga 22 tahun dan memiliki jumlah uang saku sebesar lebih dari 1 juta hingga 2 juta rupiah. Mayoritas konsumen McD membeli makanan berat seperti fried chicken. Pola means-end chain yang didapat yaitu attribute-consequence-value dengan mayoritas konsumen memilih atribut harga karena dinilai cenderung mempunyai kakuatan untuk konsumen membuat keputusan pembelian. Variabel consequence tertinggi yaitu variabel mengenyangkan dan variabel value tertinggi adalah kesenangan yang merupakan salah satu karakteristik hedonisme. Secara keseluruhan konsumen McD berorientasi pada hedonisme dengan value kesenangan sebagai karakteristiknya. Namun, tidak semua konsumen berada di tingkat value, hal ini membuktikan bahwa beberapa konsumen masih memiliki tingkat keterlibatan yang kurang tinggi. Ada hubungan antara karakteristik geodemografis dengan pola means-end chain. Hubungan tersebut dibuktikan dengan variabel usia dan uang saku berpengaruh untuk menentukan nilai-nilai pribadi. Ditunjukkan bahwa gender hampir tidak ada perbedaan dalam menunjukkan nilai-nilai pribadi karena angka yang ditunjukkan hampir sama. Dari profil geodemografis tersebut, perubahan paling signifikan adalah profil demografis usia 20-22 tahun yang paling menurun diantara profil demografis lainnya. Dapat dikatakan bahwa yang paling banyak tidak memiliki value adalah usia 20-22 tahun. Hal tersebut membuktikan bahwa karakteristik konsumen dengan pendekatan geodemografis memiliki hubungan erat karena tiap profil geodemografis memiliki nilai pribadi masing-masing.

English Abstract

McDonald’s is a fast-food restaurant that is familiar to teenagers, especially students. According to Kwartati (2013), the increase in the growth of the fast-food restaurant industry in Indonesia is caused by the desire of consumers, especially the youth, to get fast service. The student market is developing, explained in a study conducted by Knutson (2000) showing that students and fast food show harmony. This is related to product knowledge and self-knowledge. Of course, every McDonald's consumer has different knowledge seen from the broad target audience. So in this study, we want to see the differences in the patterns of the Means-End Chains for each consumer, especially students, which are grouped in a geodemographic approach. Universitas Brawijaya students are considered to fulfill all differences in characteristics because of their very diverse characteristics. Therefore, this study aims to determine the Means-End Chain pattern with a geodemographic approach. The method of analyzing the Means-End Chain pattern with a geodemographic approach is using descriptive statistics. Research results include, among other things, different characteristics in each of McDonald's consumers. With a geodemographic approach, the majority of respondents are men aged 20 to 22 years and have an allowance of more than 1 million to 2 million rupiahs. The majority of McD consumers buy heavy foods like fried chicken. The obtained means-end chain pattern is attribute-value with the majority of consumers choosing price attributes because they are considered likely to have rigidity for consumers to make purchasing decisions. The highest consequence variable is the filling variable and the highest value variable is the pleasure which is one of the characteristics of hedonism. Overall McD consumers are oriented to hedonism with value pleasure as its characteristics. However, not all consumers are at the value level, this proves that some consumers still have a low level of involvement. There is a relationship between geodemographic characteristics and means-end chain patterns. This relationship is evidenced by the variable age and influential allowance to determine personal values. It was pointed out that gender had almost no difference in showing personal values because the numbers shown were almost the same. From the geodemographic profile, the most significant change is the 20-22 year age demographic profile that is the most decreased among other demographic profiles. It can be said that most do not have value is the age of 20-22 years. This proves that the characteristics of consumers with the geodemographic approach have a close relationship because each geodemographic profile has its own personal value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/608/051907382
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:24
Last Modified: 30 Aug 2022 04:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173805
[thumbnail of Ainul ma'rifah.pdf] Text
Ainul ma'rifah.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item