Hubungan Tingkat Kepuasan dengan Loyalitas Petani dalam Pembelian Benih Jagung Pakan Hibrida di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo

Firdaus, Khoirunisa (2019) Hubungan Tingkat Kepuasan dengan Loyalitas Petani dalam Pembelian Benih Jagung Pakan Hibrida di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan industri pakan ternak yang pesat, membuat jagung pakan sangat dibutuhkan oleh para pengusaha industri pakan ternak (Kementerian Perdagangan, 2017). Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu sentra produksi jagung di Provinsi Jawa Timur (BPS Kabupaten Probolinggo (2018). Kabupaten Probolinggo memiliki daerah yang berpotensi sebagai sentra produksi jagung pakan salah satunya adalah di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending. Produksi jagung pakan di Desa Sumberkerang pada tahun 2017 mengalami penurunan sebesar 82,91% disebabkan karena munculnya penyakit bulai jagung yang berdampak pada penurunan produktivitas jagung di Desa Sumberkerang. Menurut Purwanto (2016), salah satu strategi untuk meningkatkan produktivitas yaitu melalui perbaikan mutu benih. Perbaikan mutu benih diharapkan dapat menghasilkan sikap positif petani seperti kepuasan serta loyalitas petani terhadap pembelian benih tersebut. Berdasarkan survei pendahuluan di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, didapatkan fenomena loyalitas petani yang ditunjukkan dengan pembelian merek benih secara berulang, tidak selamanya diikuti dengan tingginya kepuasan petani. Hal ini disebabkan adanya faktor switching barriers yang berpengaruh secara langsung terhadap retensi atau loyalitas konsumen (Howshigan dan Ragel, 2018). Fenomena switching barrier yang terjadi di lokasi penelitian yaitu terdapat satu merek benih jagung pakan dengan pangsa pasar lebih besar dibandingkan dengan produk lainnya, namun kurang memiliki keunggulan atribut produk jika dibandingkan dengan merek benih jagung pakan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian tingkat kinerja dengan kepentingan atribut benih, tingkat kepuasan, tingkat loyalitas dan hubungan tingkat kepuasan dengan loyalitas pembelian benih jagung merek Pertiwi-3 di Desa Sumberkerang. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur kesesuaian atribut pada penelitian ini yaitu Importance Performance Analysis (IPA). Pengukuran kepuasan konsumen terhadap benih jagung merek Pertwi-3 menggunakan alat analisis Satisfaction Index (CSI). Atribut yang digunakan untuk membantu pengukuran kesesuaian dan kepuasan yaitu atribut harga benih, produktivitas, umur panen, daya tumbuh, ujung tongkol penuh, tahan hama penyakit dan tahan roboh. Piramida loyalitas digunakan untuk mengukur tingkatan loyalitas konsumen terhadap pembelian benih tersebut. Alat analisis yang digunakan untuk mengukur pengaruh antara kepuasan dengan loyalitas yaitu Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat kesesuaian seluruh atribut mencapai nilai lebih dari 100%. Diagram kartesius Importance Performance Analysis (IPA) menunjukkan dua atribut yang memiliki prioritas rendah (Kuadran III) dalam perbaikan kinerja yaitu atribut harga beli benih dan umur panen. Atribut yang perlu menjadi prioritas perbaikan utama (Kuadran I) yaitu atribut produktivitas dan tahan terhadap hama penyakit. Produktivitas tanaman dengan benih Pertiwi-3 cenderung lebih rendah dibandingkan dengan produktivitas tanaman dengan benih lain. Ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit pada saat cuaca berangin, juga cenderung tidak tahan. Analisis kepuasan menunjukkan bahwa pada umumnya petani jagung di Desa Sumberkerang, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo sangat puas terhadap penggunaan benih jagung hibrida merek Pertiwi-3. Responden sangat puas terhadap penggunaan benih jagung hibrida merek Pertiwi-3 disebabkan karena perawatan tanaman lebih mudah dan jagung yang dihasilkan penuh hingga ujung tongkol. Analisis tingkat loyalitas menunjukkan bahwa mayoritas responden pada umumnya berada pada tingkatan loyalitas habitual buyer. Responden dalam membeli dan menggunakan benih jagung hibrida merek Pertiwi-3 didasarkan atas kebiasaan. Analisis hubungan kepuasan dengan loyalitas menghasillkan hubungan atau korelasi yang cukup kuat dan positif (searah). Hubungan searah yang dimaksud jika semakin meningkatnya tingkat kepuasan, maka juga akan meningkatkan tingkat loyalitas petani. Berdasarkan hasil analisis tersebut, produsen dapat memfokuskan peningkatan kinerjanya pada kuadran prioritas perbaikan. Peningkatan kinerja atribut produktivitas dan tahan hama penyakit dapat dilakukan melalui penelitian dan pengembangan benih untuk meningkatkan bobot jagung dan ketahanan tanaman. Produsen benih terkait juga harus mempertahankan prestasi kinerja dari atribut. Atribut yang dimaksud antara lain atribut daya tumbuh, ujung tongkol penuh dan tahan roboh. Penelitian ini selain memiliki kelebihan sebagai informasi untuk perbaikan kualitas benih, juga memiliki keterbatasan dalam hal penggunaan alat analisis piramida loyalitas. Perhitungan loyalitas responden disarankan menggunakan alat analisis lain atau tetap menggunakan alat analisis piramida tersebut dengan menggunakan filter.

English Abstract

The rapid development of the animal feed industry, making maize feed is needed by livestock industry entrepreneurs (Kementerian Perdagangan, 2017). Probolinggo Regency is one of the dry maize production centers in East Java Province (BPS Kabupaten Probolinggo (2018), Probolinggo Regency has an area that has the potential as a maize production center, one of which is in Sumberkerang Village, Gending District. Feed maize production in Sumberkerang Village in 2017 decreased by 82.91% due to the emergence of maize mildew which resulted in a decrease in maize productivity in Sumberkerang Village. According to Purwanto (2016), one strategy to increase productivity is through improving seed quality. Improvement of seed quality is expected to produce positive attitudes of farmers such as satisfaction and loyalty of farmers to purchase these seeds. Based on a preliminary survey in Sumberkerang Village, Gending Subdistrict, Probolinggo Regency, it was found that the phenomenon of farmer loyalty as indicated by repeated purchase of seed brands was not always followed by high farmer satisfaction. This is due to the switching barriers that directly influence consumer retention or loyalty (Howshigan and Ragel, 2018). The switching barrier phenomenon that occurs in research locations is that there is one brand of feed maize seed with a larger market share compared to other products, but it lacks product attribute advantages when compared to other brands of maize feed seeds. This study aims to analyze the suitability of the level of performance with the interests of seed attributes, level of satisfaction, level of loyalty and the relationship between the level of satisfaction with the loyalty of purchasing Pertiwi-3 maize seeds in Sumberkerang Village. The analytical tool used to measure the suitability of attributes in this study is the Importance Performance Analysis (IPA). The measurement of consumer satisfaction with the Pertwi-3 brand maize seed uses the Consumer Satisfaction Index (CSI) analysis tool. Attributes used to help measure suitability and satisfaction are attributes of seed prices, productivity, harvest age, growing power, full cob tip, pest resistance and collapsing resistance. The loyalty pyramid is used to measure the level of consumer loyalty to the purchase of these seeds. The analytical tool used to measure the influence between satisfaction and loyalty is Rank Spearman. The results showed that the average level of suitability of all attributes reached a value of more than 100%. The cartesian diagram of Importance Performance Analysis (IPA) shows two attributes that have a low priority (Quadran III) in improving performance, namely attributes of the purchase price of seeds and age of harvest. Attributes that need to be the main priority of improvement (Quadran I) are productivity attributes and resistance to disease pests. The productivity of plants with Pertiwi-3 seeds tends to be lower than the productivity of plants with other seeds. Plant resistance to pests and diseases during windy weather also tends to be resistant. Satisfaction analysis shows that in general, maize farmers in Sumberkerang Village, Gending District, Probolinggo Regency are very satisfied with the use of Pertiwi-3 hybrid maize seeds. Respondents were very satisfied with the use of the Pertiwi-3 hybrid maize seed because the treatment of plants was easier and the maize produced was full to the tip of the cob. Loyalty level analysis shows that the majority of respondents generally are at the level of habitual buyer loyalty. Respondents in buying and using Pertiwi-3 hybrid maize seeds were based on habits. The analysis of the relationship of satisfaction with loyalty results in a strong enough and positive relationship (correlation). The direction of the relationship if the level of satisfaction increases, it will also increase the level of farmer loyalty. Based on the results of the analysis, producers can focus on improving their performance in the priority improvement quadrant. Increased performance of productivity attributes and disease resistance can be done through research and development of seeds to increase maize weight and plant resistance. Related seed producers must also maintain performance achievements of attributes. The attributes in question are among others the power attribute grows, the cob tip is full and collapses. Besides this research has advantages as information for improving seed quality, this study also has limitations in terms of the use of loyalty pyramid analysis tools. Calculation of respondents' loyalty is suggested to use another analysis tool or keep using the pyramid analysis tool using filters

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/307/051907029
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:45
Last Modified: 16 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173379
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item