Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Kedelai Edamame Di Kota Malang (Studi Kasus Di Outlet Yulia Frozen Food)

Listya, Aprisa Tri (2019) Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Strategi Bauran Pemasaran Kedelai Edamame Di Kota Malang (Studi Kasus Di Outlet Yulia Frozen Food). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Malang merupakan salah satu lokasi yang menjadi target pemasaran kedelai edamame. Salah satu outlet yang menjadi distributor kedelai edamame adalah Yulia Frozen Food. Setiap outlet memiliki strategi bauran pemasaran yang berbeda-beda sesuai dengan target konsumen. Adanya strategi bauran pemasaran akan membuat persaingan yang ketat dalam pasar frozen food khususnya kedelai edamame. Faktor psikologis menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam memutuskan antara membeli atau tidak membeli suatu produk. Persepsi merupakan salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi sikap konsumen terhadap strategi pemasaran suatu perusahaan. Outlet Yulia Frozen Food menerapkan strategi pemasaran, yaitu strategi bauran pemasaran (7P) yang meliputi product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence. Strategi tersebut digunakan untuk menarik minat konsumen terhadap pembelian kedelai edamame. Namun, PT. Mitratani Dua Tujuh sebagai produsen produk tersebut kurang memberikan promosi yang baik melalui outlet Yulia Frozen Food. Media promosi yang digunakan PT. Mitratani Dua Tujuh hanya media sosial, yaitu Instagram dan Google Business. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, mendeskripsikan strategi bauran pemasaran kedelai edamame, dan persepsi konsumen terhadap strategi bauran pemasaran kedelai edamame. Penelitian ini dilakukan di outlet Yulia Frozen Food yang terletak di Jalan Candi Mendut No. 30 – 32, Kota Malang pada bulan Juni hingga Juli 2019. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan responden dari konsumen yang berkunjung ke outlet Yulia Frozen Food dan pernah membeli produk kedelai edamame. Sampel yang digunakan adalah 35 responden dan owner outlet sebagai key informant. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk strategi pemasaran dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Karakteristik konsumen berjenis kelamin perempuan dengan persentase 77.1 persen; karakteristik konsumen berusia 31 – 50 tahun dengan persentase 57.1 persen; karakteristik konsumen yang bekerja sebagai ibu rumah tangga dengan persentase 40 persen; dan karakteristik konsumen yang berpenghasilan Rp. 2.000.001 – Rp. 4.000.000 setiap bulan dengan persentase 82.9 persen. (2) Produk kedelai edamame yang dijual berkualitas dan berstandar internasional; penentuan harga sesuai dengan harga produsen ditambah persentase internal outlet dan terjangkau bagi konsumen; membuat lokasi outlet senyaman mungkin dengan pemutaran audio musik serta lokasinya yang mudah dicari di aplikasi Google Maps; menggunakan media sosial Instagram dan Google Business dalam melakukan promosi serta pemberian diskon yang bersifat reguler; memperkerjakan pegawai yang telah memiliki pengalaman dalam melayani konsumen dan mampu menjelaskan product knowledge; menggunakan media sosial dan pengiriman produk ke konsumen; dan tidak menggunakan tata letak yang spesial, keamanan dengan bantuan CCTV, danii kebersihan selalu dijaga setiap hari. (3) Konsumen memberikan persepsi yang baik terhadap strategi bauran pemasaran outlet kecuali strategi promotion. Rata-rata skor pada indikator variabel promotion adalah 2.3% dan 1.3%. Konsumen memiliki persepsi tidak pernah melihat iklan terkait produk kedelai edamame dan outlet jarang memberikan diskon.

English Abstract

Malang City is one of the locations targeted for marketing of edamame soybeans. One of the outlets that become edamame soybean distributor is Yulia Frozen Food. Each outlet has a marketing mix strategy that varies according to the target consumers. The existence of a marketing mix strategy will make intense competition in the frozen food market, especially edamame soybeans. Psychological factors become one of the factors that can influence consumers in deciding between buying or not buying a product. Perception is one of the psychological factors that influence consumer attitudes towards a company's marketing strategy. Yulia Frozen Food Outlet applies a marketing strategy, namely marketing mix strategy (7P) which includes product, price, place, promotion, people, process, and physical evidence. This strategy was used to attract consumer interest in the purchase of edamame soybeans. However, PT. Mitratani Dua Tujuh, as a manufacturer of these products, does not provide good promotions through Yulia Frozen Food outlets. Promotional media used by PT. Mitratani Dua Tujuh is only social media, namely Instagram and Google Business. This study aims to identify consumer characteristics, describe marketing mix strategies for edamame soybeans, and consumer perceptions of marketing mix strategies for edamame soybeans. This research was conducted at the Yulia Frozen Food outlet located on Jalan Candi Mendut No. 30 - 32, Malang City from June to July 2019. This study used a purposive sampling technique to determine respondents from consumers who visited Yulia Frozen Food outlets and had purchased edamame soybean products. The sample used was 35 respondents and the owner of the outlet as a key informant. The analytical tool used is descriptive analysis for marketing strategies and descriptive statistical analysis. The results of this research are as follows: (1) Characteristics of female consumers with a percentage of 77.1%; characteristics of consumers aged 31-50 years with a percentage of 57.1%; characteristics of consumers who work as housewives with a percentage of 40%; and characteristics of consumers who earn Rp. 2,000.001 - Rp. 4,000,000 every month with a percentage of 82.9%. (2) Quality edamame soybean products with international standards; pricing according to producer prices plus the percentage of internal outlets and affordable for consumers; make the outlet location as comfortable as possible with audio music playback and its easy-to-find location on the Google Maps application; using Instagram and Google Business social media in promoting and giving regular discounts; employ employees who have experience in serving consumers and are able to explain product knowledge; using social media and product delivery to consumers; and do not use special layout, security with the help of CCTV, and cleanliness is always maintained every day. (3) Consumers provide a good perception of the outlet marketing mix strategy except promotion strategies. The average score on the promotion variable indicator is 2.3% and 1.3%. Consumers have a perception thativ they have never seen advertisements related to edamame soybean products and outlets rarely give discounts.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/389/051907109
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:02
Last Modified: 25 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173355
[thumbnail of SKRIPSI APRISA TRI LISTYA 155040100111069 (2).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI APRISA TRI LISTYA 155040100111069 (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item