Faktor-Faktor Customer relationship marketing yang Membentuk Loyalitas Pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri

Ifanovic, Fachreza (2019) Faktor-Faktor Customer relationship marketing yang Membentuk Loyalitas Pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sektor pertanian melalui sub sektor agroindustri yang dapat diartikan sebagai semua kegiatan industri yang terkait erat dengan kegiatan pertanian yang memanfaatkan hasil pertanian sebagai bahan baku, merancang, dan menyediakan peralatan serta jasa untuk kegiatan tersebut. Dalam kerangka pembangunan pertanian, agroindustri merupakan penggerak utama perkembangan sektor pertanian, terlebih dalam masa yang akan datang posisi pertanian merupakan sektor andalan dalam pembangunan nasional sehingga peranan agroindustri akan semakin besar. Dengan kata lain, dalam upaya mewujudkan sektor pertanian yang tangguh, maju dan efisien sehingga mampu menjadi leading sector dalam pembangunan nasional, harus ditunjang melalui pengembangan agroindustri, menuju agroindustri yang tangguh, maju serta efisien dan efektif. Agroindustri nantinya diharapkan sebagai penengah ketika dunia pertanian menjadi kurang diminati sementara industrialisasi dari segala sektor sedang sangat digalakkan. Jadi agroindustri diharapkan akan mengembalikan masa kejayaan pertanian Indonesia yang memang terkenal akan agrarisnya. Saat ini banyak agroindustri yang bergerak untuk memproduksi olahan produk makanan dari komoditas pertanian menjadi makanan yang memiliki cita rasa tinggi. Salah satu daerah yang menjadi basis industri pertanian di daerah Jawa Timur adalah Kota Batu yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Hampir sebagian besar penduduk Kota Batu juga bermata pencaharian yang berbasis pada sektor pertanian menjadikan sektor pertanian di Kota Batu menjadi salah satu sektor yang memiliki pengaruh positif terhadap PDRB Kota Batu. Hal ini juga diperjelas oleh pernyataan BPS Kota Batu (2018) yang menyatakan bahwa sektor pertanian menjadi salah satu dari tiga besar sektor yang cukup besar peranannya. Fakta terkait sektor pertanian Kota Batu juga sejalan dengan posisi Kota Batu sebagai Kota Agrowisata. Artinya sebagai Kota Wisata yang berbasis pertanian, Kota Batu masih mempertahankan sektor pertanian sebagai penggerak roda perekonomian. Hal ini juga dibuktikan dengan mata pencaharian penduduk Kota Batu yang sebagian besar berada di sektor pertanian. Salah satu jenis usaha yang memiliki daya tarik lebih di Kota Batu adalah industri oleh-oleh yang menjual berbagai macam produk khas Kota Batu khususnya produk olahan hasil pertanian seperti kripik buah maupun minuman sari buah. Salah satu perusahaan kelas menengah atau UKM (usaha kecil menengah) yang bergerak di bidang agroindustri di Kota Batu adalah UD. Ramayana Agro Mandiri. sistem pemasaran yang dilakukan oleh UD. Ramayana Agro Mandiri ini adalah dengan melakukan penjualan produk kepada reseller untuk dijual ke konsumen akhir. UD. Ramayana Agro Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang mampu bertahan di ketatnya persaingan yang ada. Semakin banyaknya persaingan produk sejenis dari perusahaan lain yang berada di daerah Batu – Malang membuat UD. Ramayana Agro Mandiri selalu berfikir bagaimana cara dalam menjaga hubungan yang sudah terjalin dengan para mitra bisnisnya yang merupakan faktor yang cukup penting pada sistem pemasaran yang dijalankannya. Salah satu strategi bisnis yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap terus berlangsungnya bisnis UD. Ramayana Agro Mandiri adalah dengan membentuk ataupun mempertahankan sikap loyal oleh seluruh pelanggannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis faktor-faktor customer relationship marketing yang membentuk loyalitas pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri. Penelitian yang dilaksanakan pada bulan April 2019 hingga Juni 2019. Data yang dibutuhkan pada penelitian ini didapatkan dari wawancara dengan pemilik UD. Ramayana Agro Mandiri dan dengan sebanyak 35 sampel pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri. Kedua tujuan yang dirumuskan dijawab melalui analisis kuantitatif dari data-data yang diperoleh selama kegiatan pengambilan data baik melalui wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi. Diharapkan setelah diketahui hasilnya dapat dijadikan dasar dalam menentukan kebijakan oleh UD Ramayana Agro Mandiri ke depannya dan juga dapat digunakan oleh UKM sejenis lainnya. Dari model struktural analisis faktor konfirmatori loyalitas pelanggan yang dibentuk berdasarkan variabel kepercayaan, komunikasi, dan kepuasan didapatkan hasil model yang over-identified. Sehingga untuk model over-identified ini diperlukan memperoleh nilai estimasi parameter-parameter yang terbentuk dalam model CFA. Pada hasil evaluasi kesesuaian model (goodness of fit) didapatkan hasil bahwa secara keseluruhan model yang diestimasi adalah telah sesuai atau fit. Pada hasil estimasi parameter juga didapatkan hasil bahwa seluruh variabel customer relationship marketing yaitu kepercayaan, komunikasi, dan kepuasan yang digunakan dalam penelitian ini keseluruhannya memiliki nilai yang signifikan dan memberikan pengaruh yang positif terhadap pembentukan variabel laten loyalitas pelanggan UD. Ramayana Agro Mandiri dengan melihat nilai p-value masingmasing variabel yang kurang dari taraf signifikan dengan α = 0,05. Juga indikator atribut produk, tanggung jawab, sarana informasi, intensitas hubungan, lama pengiriman, biaya pengiriman, dan kesesuaian harga memiliki hasil signifikan dalam membentuk variabel laten loyalitas pelanggan. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian ini ditujukan kepada pihak UD. Ramayana Agro Mandiri adalah perusahaan perlu menambah jumlah tenaga kerja serta fasilitas penunjang yang memiliki fungsi distribusi produk dan dalam kegiatan pengembangan serta perluasan pasar, diharapkan UD. Ramayana Agro Mandiri dapat menjelaskan secara lebih dalam terkait keunggulankeunggulan yang dimiliki perusahaan. Keunggulan tersebut meliputi berbagai macam sertifikasi serta kelengkapan atribut produk UD. Ramayana Agro Mandiri, dengan melakukan hal tersebut diharapkan akan menjadi bahan pertimbangan positif bagi para calon pelanggan atau reseller untuk membeli produk UD. Ramayana Agro Mandiri.

English Abstract

The development of the agricultural sector through the agro-industry subsector can be interpreted as all industrial activities that are closely related to agricultural activities that utilize agricultural products as raw materials, design, and provide equipment and services for these activities. Within the framework of agricultural development, agro-industry is the main driver of agricultural sector development, especially in the future the position of agriculture is a mainstay sector in national development so that the role of agro-industry will be even greater. In other words, in an effort to realize a resilient, advanced and efficient agricultural sector so that it is able to become the leading sector in national development, it must be supported through the development of agro-industries, towards strong, advanced and efficient and effective agro-industries. Agroindustry is expected to be a mediator when the agricultural sector becomes less attractive while industrialization from all sectors is being intensified. So agro-industry is expected to restore the heyday of Indonesian agriculture which is known for its agrarian. In the present many agro-industries that are engaged in producing processed food products from agricultural commodities become foods that have high taste. One area that is the basis of the agricultural industry in East Java is Batu, which is located in East Java Province. Most of the residents of Batu City also make a living based on the agricultural sector, making the agricultural sector in Batu City a sector that has a positive influence on the GRDP of Batu City. This was also made clear by the statement from BPS Kota Batu (2018) which states that the agricultural sector is one of the three major sectors that have a large role. Facts related to the agricultural sector of Batu City are also in line with the position of Batu city as an Agro-tourism City. This means that as an agricultural-based tourist city, Batu City still maintains the agricultural sector as a driver of the economy. This is also evidenced by the livelihoods of the residents of Batu City, most of which are in the agricultural sector. One type of business that has more appeal in Batu City is a souvenir industry that sells a variety of products typical of Batu City, especially processed products of agricultural products such as fruit chips and fruit juice drinks. One of the middleclass companies or SMEs (small and medium enterprises) engaged in agro-industry in Batu City is UD. Ramayana Agro Mandiri. marketing system carried out by UD. Ramayana Agro Mandiri is by selling products to resellers for sale to end consumers. UD. Ramayana Agro Mandiri is one company that is able to survive the tight competition that exists. The increasing number of competing similar products from other companies in the Batu - Malang area makes UD. Ramayana Agro Mandiri always thinks about how to maintain the relationships that have been established with its business partners which are quite important factors in the marketing system that it operates. One business strategy that is expected to have a positive impact on the continued business of UD. Ramayana Agro Mandiri is by forming or maintaining a loyal attitude by all of its customers. This research was conducted using a quantitative approach by analyzing customer relationship marketing factors that forming UD. Ramayana Agro Mandiri customer loyalty. Research conducted in April 2019 until June 2019. Data needed in this study were obtained from interviews with UD. Ramayana Agro Mandiri owner and with as many as 35 UD. Ramayana Agro Mandiri customer samples. The two objectives formulated were answered through quantitative analysis of the data obtained during the data collection activities both through in-depth interviews, observation and documentation. It is expected that after it is known the results can be used as a basis in determining policies by UD. Ramayana Agro Mandiri in the future and can also be used by other similar SMEs. From the structural model, confirmatory factor analysis, customer loyalty, which is formed based on variables of trust, communication, and satisfaction, results in the model being over-identified. So that for this over-identified model it is necessary to obtain an estimated value of the parameters formed in the CFA model. The results of the evaluation of model suitability (goodness of fit) show that overall the estimated model is suitable or fit. The results of parameter estimation also show that all customer relationship marketing variables, namely trust, communication, and satisfaction used in this study all have significant values and have a positive effect on the formation of UD. Ramayana Agro Mandiri customer loyalty latent variables by looking at the value of the p-value of each variable which is less than a significant level with α = 0.05. Also indicators of product attributes, responsibilities, information facilities, relationship intensity, length of delivery, shipping costs, and price suitability have significant results in forming latent variable customer loyalty. The suggestions that can be given based on the results of this study are addressed to the UD. Ramayana Agro Mandiri is a company that needs to increase the number of workers and supporting facilities that have a product distribution function and in development activities and market expansion, it is expected that UD. Ramayana Agro Mandiri can explain more deeply the advantages of the company. These advantages include various types of certifications and completeness of UD. Ramayana Agro Mandiri product attributes, by doing this is expected to be a positive consideration for prospective customers or resellers to buy UD. Ramayana Agro Mandiri products.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/262/051907005
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:05
Last Modified: 24 Aug 2020 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173272
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item