Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Ulfa, Hana Aulia (2019) Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan suatu wisata membutuhkan pengetahuan terkait kelebihan dan kekurangan wisatanya dengan melihat atribut produk. Pengaruh negatif yang muncul akan menghambat upaya meningkatkan image dan kepuasan pengunjung, sehingga pengembangan wisata tidak dapat mencapai tujuannya untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Pengembangan berbagai sisi selalu Wisata Kebun Kurma Pasuruan dilakukan agar dapat meningkatkan kepuasan pengunjung, namun pengembangan ini tidak diikuti dengan peningkatan jumlah pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut produk wisata terhadap kepuasan pengunjung di Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Penelitian ini dilakukan di Wisata Kebun Kurma Pasuruan, pada bulan April 2019 sampai Mei 2019. Teknik non probability sampling yang digunakan adalah convenience sampling atau sering juga disebut accidental sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang didapatkan dari hasil observasi, wawancara, kemudian penyebaran angket kepada 100 pengunjung, dan dokumentasi sebagai bukti. Analisis data kuantitatif yang dilakukan yaitu uji kualitas data (validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas), uji analisis regresi berganda, dan uji hipotesis yang menggunakan Software SPSS versi 21 dan Ms. Excel. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa variabel daya tarik wisata (X1), fasilitas wisata (X2), aksesibilitas (X3), image wisata (X4), dan harga (X5) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y) yang berkunjung ke Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Hasil pengaruh secara parsial mengindikasikan bahwa variabel daya tarik wisata (X1), aksesibilitas (X3), image wisata (X4), dan harga (X5) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung (Y) yang berkunjung ke Wisata Kebun Kurma Pasuruan kecuali variabel fasilitas wisata (X2). Hal ini dipengaruhi karena kurang puasnya pengunjung dengan kebersihan dan perawatan fasilitas yang ada di Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Pihak pengelola hendaknya memberikan perhatian lebih kepada kebersihan fasilitas umum, khususnya toilet dan perawatan peralatan yang disediakan, agar kenyamanan pengunjung saat berada di Wisata Kebun Kurma Pasuruan dapat meningkat. Hasil uji dominansi dengan melihat nilai koefisien regresi baku (standardized coefficients) menyatakan bahwa variabel daya tarik wisata (X1) merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung Wisata Kebun Kurma Pasuruan. Hal ini disebabkan setiap wisata pasti mempunyai daya tarik yang dapat membedakan dengan wisata lainnya. Keunikan adanya penanaman pohon kurma di daerah tropis membuat calon pengunjung tertarik untuk berkunjung kesana. Hendaknya pihak pengelola Wisata Kebun Kurma Pasuruan dapat meningkatkan daya tarik wisata dengan membuat terobosan baru yang lebih menarik. Mengingat variabel fasilitas wisata tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung, maka pihak pengelola Wisata Kebun Kurma hendaknya memberikan perhatian lebih kepada kebersihan fasilitas umum khususnya toilet dan perawatan peralatan wisata yang sudah rusak

English Abstract

The development of a tour requires knowledge related to the advantages and disadvantages of tourism by looking at product attributes. Negative influences that appear will hamper efforts to improve the image and visitor satisfaction, so that tourism development cannot achieve its goal of increasing the number of visitors. The development of various sides of the Kebun Kurma Tourism in Pasuruan is carried out in order to increase visitor satisfaction, but this development is not followed by an increase in the number of visitors. This study aims to determine the effect of the attributes of tourism products on visitor satisfaction at the Kebun Kurma Tourism in Pasuruan. This research was conducted at the Kebun Kurma Tourism in Pasuruan, in April 2019 to May 2019. The non-probability sampling technique used is convenience sampling or often also called accidental sampling. This study uses primary data types obtained from observations, interviews, then distributing questionnaires to 100 visitors, and documentation as evidence. Quantitative data analysis was performed, namely data quality tests (validity and reliability), classic assumption tests (normality, multicollinearity, and heteroscedasticity), multiple regression analysis tests, and hypothesis testing using SPSS version 21 and Ms. Software. Excel. The results of this study indicate that the variable tourist attraction (X1), tourist facilities (X2), accessibility (X3), image tourism (X4), and price (X5) simultaneously have a significant effect on visitor satisfaction (Y) Kebun Kurma Tourism in Pasuruan. The results of partial influence indicate that the variable tourist attraction (X1), accessibility (X3), tourist image (X4), and price (X5) significantly influence the satisfaction of visitors (Y) who visit the Kebun Kurma Tourism in Pasuruan except the variable tourist facilities ( X2). This is influenced by the dissatisfaction of visitors with the cleanliness and maintenance of the existing facilities at Kebun Kurma Tourism in Pasuruan. The management should pay more attention to the cleanliness of public facilities, especially toilets and maintenance of the equipment provided, so that the comfort of visitors while on Kebun Kurma Tourism in Pasuruan can be improved. The results of the dominance test by looking at the standardized coefficient (standardized coefficients) states that the tourist attraction variable (X1) is the most influential variable on the satisfaction of visitors to the Kebun Kurma Tourism in Pasuruan. This is because every tour must have an attraction that can distinguish it from other tours. The uniqueness of the planting of palm trees in the tropics makes prospective visitors interested in visiting there. The manager of Pasuruan Kurma Garden Tourism should be able to increase the tourist attraction by making new breakthroughs that are more interesting. Given the variable tourist facilities do not significantly influence visitor satisfaction, the manager of the Kurma Gardens Tourism should pay more attention to the cleanliness of public facilities, especially toilets and maintenance of tourist equipment that has been damaged.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/139/051906856
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:02
Last Modified: 22 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173210
[thumbnail of HANA AULIA ULFA (2).pdf]
Preview
Text
HANA AULIA ULFA (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item