Pendekatan Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Pada Program Studi Di Universitas Swasta Malang

Yuliani, Sri Dwi (2019) Pendekatan Balanced Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Pada Program Studi Di Universitas Swasta Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Universitas Swasta pada penelitian ini merupakan salah satu perguruan tinggi dibawah naungan Kemenristekdikti memiliki kewajiban untuk menunaikan kegiatan tridharma perguruan tinggi dan memiliki visi dan misi yang ingin dicapai. Namun permasalahan utama yang dihadapi adalah pada saat ini banyak dosen yang tidak mencapai target BKD (beban kerja dosen) yang ditentukan. Selain itu, pengukuran kinerja dosen hanya dilakukan pada sisi kegiatan terkait pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Pengukuran sebelumnya mendapati adanya ketidakseimbangan pencapaian kinerja dosen, dengan titik berat pada pencapaian bidang pendidikan. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan pengukuran kinerja dosen dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard. Metode yang digunakan adalah pendekatan penilaian kinerja dengan balanced scorecard. Untuk mendapatkan strategy objective dan bobot masing-masing strategy objective tersebut, dilakukan wawancara dengan pihak penjaminan mutu (PJM/QA) dari universitas. Pembobotan dilakukan dengan melakukan analytical hierarchy process (AHP). Kemudian dari hasil wawancara disusun KPI (key performance indicator) untuk mengukur pencapaian kinerja dosen. Untuk mendapatkan capaian dari dosen yang ada, disebarkan kuesioner kepada para dosen di lingkungan universitas. Hasil capaian dosen, kemudian dilakukan penilaian dengan menggunakan pendekatan OMAX (objective matrix). Dari pendekatan ini didapatkan bobot untuk perspektif customer, finansial, internal business process, dan learning and growth berturut-turut adalah 0,125; 0,125; 0,375 dan 0,375. Hasil total pengukuran kinerja empat perspektif dengan metode OMAX adalah 5,08. Pencapaian terendah berasal dari perspektif internal business process yang hanya meraih 1,28. Pencapaian pada perspektif customer, financial learning and growth secara berturut-turut adalah 7,85; 7,2 dan 7,25 Untuk memperbaiki capaian pada perspektif dan strategy objective, dipaparkan beberapa saran untuk peningkatan nilai capaian pada bidang tersebut yaitu perlu dilakukan tindak lanjut dengan pembuatan program-program yang dikaitkan dengan pencapaian dosen dalam bentuk insentif finansial dan dukungan bagi para dosen dalam pelaksanaan hal-hal terkait kinerjanya.

English Abstract

The private university in this research is an institution of higher education under the Indonesian ministry of higher education get mandated to perform activity of tridharma perguruan tinggi and have its own vision and mission that it wanted to achieve. However, the main problem that the university faced nowadays is many lecturers can not achieve the given workload. Also, the performance evaluation is performed only through three scope of evaluation in education, research, and community development. The current method of evaluation is imbalanced in terms of evaluating the lecturer’s performance. From this problem, the researcher evaluates lecturer’s performance with balanced scorecard approach method Method of the approach to evaluate performance used is balanced scorecard. To achieve strategy objective and weighing of each strategy objective, an interview with university’s quality assurance (PJM/QA) is performed. Weighing is performed using analytical hierarchy process. Key performance indicator (KPI) to measure lecturer’s achievement is then developed from the result of the interview. To measure the achievement from current lecturer’s performance, a questionnaire is distributed along lecturer’s in the university. The current achievement is then measured into 10 different level using the OMAX approach. This approach acquire the required weighing for the perspective of customer, financial, internal business process, and learning and growth respectively 0.125, 0.125, 0.375, and 0.375. The result of total performance achievement in four perspective with OMAX method is 5,08. The lowest performance from internal business process perspective is 1,28. The performance achievement for perspective of customer, financial perspective, learning and growth perspective respectivelyv7,85;7,2 and 7,25. For future improvement, a suggestion has been made to improve performance. The follow up is required by creating incentive programs that is tied into lecturers performance, and a program to support lecturer in achieving better performance.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2019/617/051905179
Uncontrolled Keywords: balanced scorecard, objective matrix, analytical hierarchy process, kinerja dosen, balanced scorecard, objective matrix, analytical hierarchy process, lecturer`s performance
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2019 03:25
Last Modified: 11 Oct 2019 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173186
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item