Hubungan Kepuasan Petani dengan Loyalitas Pembelian Benih Jagung Pakan di Desa Tongaswetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo

Hasanah, Riskiyatul (2019) Hubungan Kepuasan Petani dengan Loyalitas Pembelian Benih Jagung Pakan di Desa Tongaswetan, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung (Zea mays L.) merupakan salah satu bahan pangan pokok yang digunakan sebagai bahan pangan dan pakan. Peningkatan produksi jagung pakan tidak terlepas dari perkembangan jumlah permintaan untuk pakan ternak. Tingginya permintaan pakan ternak menyebabkan minat masyarakat dalam membudidayakan jagung pakan semakin meningkat. Desa Tongaswetan menjadi salah satu sentra produksi jagung pakan. Salah satu upaya peningkatan produksi jagung pakan dapat dilakukan dengan penggunaan benih bermutu. Benih bermutu adalah salah satu faktor yang dapat mendorong dan merangsang ketertarikan petani dalam proses pencarian, pembelian serta penggunaan benih. Proses tersebut akan menyebabkan petani puas atau tidak puas. Kepuasan berhubungan erat dengan loyalitas merek, semakin puas seorang konsumen terhadap suatu merek maka konsumen tersebut akan semakin loyal. Berdasarkan uraian latar belakang di atas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis persepsi petani terhadap kesesuaian tingkat kepentingan dan kinerja dari atribut benih jagung pakan di lokasi penelitian, (2) Menganalisis tingkat kepuasan petani dalam menggunakan benih jagung pakan di lokasi penelitian, (3) Menganalisis tingkat loyalitas petani dalam menggunakan benih jagung pakan di lokasi penelitian, dan (4) Menganalisis hubungan kepuasan petani dengan loyalitas petani dalam menggunakan benih jagung pakan di lokasi penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah petani pengguna merek benih NK212 sebanyak 35 petani di Desa Tongaswetan. Metode analisis data yang digunakan yaitu Importance Perfomance Analysis (IPA) diagonal model, Customer Satisfaction Index (CSI), Piramida Loyalitas, dan Korelasi Rank Spearman. Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa terdapat 2 atribut yang perlu diperbaiki kinerjanya yaitu produktivitas (potensi hasil) dan umur panen karena memiliki nilai tingkat kepentingan tinggi dan kinerja yang rendah dibandingkan dengan kelima atribut lainnya. Analisis IPA juga menunjukkan bahwa terdapat 5 atribut yang perlu dipertahankan kinerjanya diantaranya harga benih, ujung tongkol penuh/muput daya tumbuh, tahan roboh serta tahan terhadap hama dan penyakit. Hasil CSI didapatkan nilai sebesar 86,58% artinya petani di Desa Tongaswetan sangat puas dalam menggunakan benih merek NK212 karena benih yang digunakan tahan air atau kekeringan, memiliki ujung tongkol penuh/muput, potensi hasil tinggi, dan tahan terhadap penyakit bulai. Hasil piramida loyalitas menunjukkan bahwa petani di Desa Tongaswetan tergolong ke dalam tingkatan satisfied buyer karena loyalitas petani di lokasi penelitian didasarkan pada faktor kepuasan setelah melakukan pembelian benih jagung pakan. Analisis korelasi rank spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara tingkat kepuasan dengan loyalitas pembelian benih jagung pakan merek NK212 karena nilai signifikansi 0,000<0,01. Semakin tinggi tingkat kepuasan petani maka loyalitas pembelian benih jagung pakan merek NK212 juga akan semakin meningkat. Sebaliknya, semakin rendah tingkat kepuasan petani maka loyalitas pembelian benih jagung pakan juga akan menurun. Perusahaan Syngenta disarankan untuk melakukan perbaikan kinerja atribut produktivitas (potensi hasil) dan umur panen. Selain itu, perusahaan disarankan untuk tetep mempertahankan kinerja atribut daya tumbuh, ujung tongkol penuh/muput, tahan roboh serta tahan terhadap hama dan penyakit agar semakin memuaskan bagi petani. Penelitian mengenai tingkat loyalitas sebaiknya menggunakan analisis piramida loyalitas yang dapat menyaring satu petani agar termasuk ke dalam satu tingkatan loyalitas saja. Sebaiknya perlu adanya penelitian lanjutan mengenai hubungan kepuasan dengan loyalitas pembelian khususnya pada pasar input ataupun output produk pertanian.

English Abstract

Maize (Zea mays L.) is one of potential food that used as food or feed material. Increase production of maize inseparable from the development of demand for animal feed. Increase of demand for animal feed cause increasing society interest to cultivate feed maize. Tongaswetan village is one of feed maize production center. One of effort to increase feed maize production can be done by using quality seed. Quality seed is one of the factor that can encourage and stimulate farmer’s interest in the process of searching, buying, and using feed. This process can cause farmer to be satisfied or dissatisfied. Satisfaction has a strong relationship with brand loyalty, the more satisfied consumer to the brand the more loyal consumer will be. Based on research baground above, the aims of this study are; (1) Analyzing farmer’s perception to the conformance level of importance and performance on the attributes of feed maize seeds at the research location, (2) Analyzing the level of farmer’s satisfaction in using feed maize seeds at the research location, (3) Analyzing the level of farmer’s loyalty in using feed maize seeds at the research location, (4) Analyzing the relationship between farmer’s satisfaction and loyalty purchasing feed maize seeds at the research location. Respondent in this research are the farmer who had used Nk212 seed brand which are 35 farmers in Tongaswetan village. Methods of data analysis use Importance Perfomance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI), Loyalty Pyramid, and Rank Spearman Correlation. Based on IPA result show that there are 2 attribute to be improve by producer like productivity and harvest age because they have high importance and low performance values than five other attributes. IPA analysis also show that there are 5 attributtes to be maintain by producer like seed price, full cob tip, growth capability, resistant to fall plant, resistance to pest and diseases. The CSI result show that the value is 86,58% it means that farmers in Tongaswetan village are very satisfied in using seed brand NK212 because the seed are resistant to dry land, full cob tip, high yield potential, and resistant to mildew disease. The pyramid result show that farmer in Tongaswetan belong to the category satisfied buyer because farmer loyalty at the research location based on satisfaction factors after purchasing feed maize seed. Rank spearman correlation analysis show that there are very strong relationship between farmer satisfaction with loyalty purchasing feed maize seed NK212 brand because the value of significant is 0,000<0,01. It means that increase of satisfaction farmer level can increase loyalty purchasing feed maize seed NK212 brand. In another hand, decrease of satisfaction farmer level can decrease loyalty purchasing feed maize seed. Syngenta producer is advised to be improve performance attribute productivity and harvest age. In addition, the producer is advised to be maintain the performance of attributes growth capability, full cob tip, resistant fall plants, seed price, resistance to pest and diseases to increasing level of satisfaction farmer. The research about loyalty level should use an analysis of loyalty pyramid that can filter one farmer into one level of loyalty. It is recommended that further research about the relationship between satisfaction with loyalty purchasing, especially in the input or output market of agricultural product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/466/051907240
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:40
Last Modified: 16 Aug 2020 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/173141
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item