Analisis Hubungan Kualitas Produk Dan Viral Marketing Dengan Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Pelanggan Di Kedai Kopi Malang)

Saputro, Rachmansyah Damar (2019) Analisis Hubungan Kualitas Produk Dan Viral Marketing Dengan Keputusan Pembelian Konsumen (Kasus Pada Pelanggan Di Kedai Kopi Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi merupakan salah satu produk yang digunakan oleh UMKM pada daerah malang dalam usaha bisnis seperti kedai kopi atau kafe. Kedai kopi atau kafe malang menggunakan jejaring sosial untuk membagikan informasi terkait produk yang dijual. Instagram merupakan salah satu sosial media yang menyediakan foto ataupun video dan digemari oleh masyarakat sekarang. Anak muda hingga orang tua menggunakan Instagram dengan maksud membagikan informasi maupun menerima informasi sesama pengguna Instagram. Penggunaan jejaring sosial juga dapat mengakibatkan produk yang baru diproduksi dapat dikenal masyarakat dengan cepat dan dapat diketahui oleh masyarakat karena viral pada produk tersebut. Salah satu kedai kopi yang sedang viral adalah Pesan Kopi Malang. Akan tetapi kedai kopi tersebut membuka cabang terlalu banyak dengan perbedaan rasa pada setiap kedai yang dapat mengakibatkan pelanggan dapat berpindah tempat kedai yang seharusnya dikedai yang sudah disediakan oleh pihak Kedai Kopi. Dikarenakan Viralnya produk di kalangan mahasiswa dan juga masyarakat sekitar maka peneliti ingin mengangkat penelitian tentang pengaruh kualitas produk dan media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian konsumen di Pesan Kopi Malang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan karakteristik konsumen yang membeli produk di kedai Kedai Kopi Malang. (2) Mengetahui variabel yang memiliki hubungan lebih kuat dengan keputusan pembelian di kedai Kopi Malang. (3) Menganalisis hubungan kualitas produk dan media sosial terhadap keputusan pembelian. Pengambilan sampel pada penilitian ini menggunakan non-probability sampling yang mana keseluruhan populasi tidak dapat dijadikan sebagai sampel. Teknik yang digunakan adalah accidental sampling sehingga sampel ditentutan secara kebetulan karena jumlah konsumen di Kedaiii Kopi Malang tidak dapat diketahui pastinya sehingga yang akan menjadi sampel ialah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk pada Kedai Kopi Malang. Metode analisis yang digunakan adalah korelasi. Hasil dari analisis data, variabel Kualitas Produk (X1) dan Viral Marketing (X2) memiliki hubungan yang signifikan dengan Keputusan Pembelian (Y). Pada hasil uji korelasi didapatkan bahwa Viral Marketing (X2) memberikan hubungan yang signifikan secara partial terhadap Keputusan Pembelian. Pada hasil uji t didapatkan bahwa variabel Kualitas Produk mempunyai nilai kritis korelasi yang paling besar. Sehingga variabel Kualitas Produk mempunyai hubungan yang lebih dominan kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Kualitas Produk mempunyai hubungan yang dominan terhadap Keputusan Pembelian

English Abstract

Coffee is one of the products used by UMKM in Malang regions in business ventures such as coffee shops or cafes. Malang coffee shops or cafes use social networks to share information about selling product. Instagram is one of the social media that provides photos or videos and popular with people now. Young people to parents use Instagram with the intention of sharing information and receiving information from fellow Instagram users. The use of social networks can also result in products that are newly produced that can be known to the public quickly and can be known to the public because of the viral products. One coffee shop that is viral is the Coffee Shop in Malang. However, the coffee shop opens too many branches with different tastes at each store which can result in customers being able to move to a shop that should be provided by the Coffee Shop. Because the product is viral among students and the surrounding community, researchers want to raise research on the influence of product quality and Instagram social media on consumer purchasing decisions in the Message of Coffee Malang. This study aims to: (1) Description the characteristics of consumers who buy products at the Malang Coffee Shop. (2) Knowing variables that have a stronger correlation with purchasing decisions in Malang Coffee shops in Malang Coffee shop. (3) Analyze how much correlation product quality and viral marketing with purchasing decisions. Sampling in this study uses a non-probability sampling in which the entire population cannot be used as a sample. The technique used was accidental sampling so that the samples were accidentally determined because the number of consumers in Malang Coffee Shop could not be known for certain so that the sample would be konsuments who had purchased products at Malang Coffee Shop. The analytical method used is correlation rank spearman.iv The results of data analysis, Product Quality variables (X1) and Viral Marketing (X2) have a significant correlation with Purchasing Decisions (Y). On the results of the correlation rank spearman test it was found that Viral Marketing (X2) gave a correlation with the Purchase Decision. On the results of the correlation test it is found that the Product Quality variable has the largest critical value. So that the Product Quality variable has the strongest correlation compared to the other variables, the Product Quality variable has a dominant correlation on the Purchase Decision.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/240/051906983
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:39
Last Modified: 22 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172958
[thumbnail of Rachmansyah Damar Saputro 155040101111152 (2).pdf]
Preview
Text
Rachmansyah Damar Saputro 155040101111152 (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item