Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan MOVIMAX Sarinah Kota Malang)

Putra, Rizky Ananda (2019) Pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan MOVIMAX Sarinah Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era sekarang ini menonton film di bioskop sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi kebanyakan orang terutama pada masyarakat perkotaan. Banyaknya alternatif pilihan bioskop tentunya akan membuat masyarakat cenderung menginginkan sesuatu yang berbeda pada saat menonton di bioskop. Hal ini mendorong pelaku bisnis bioskop untuk menciptakan sebuah value dan strategi yang dapat menarik konsumen. Beberapa cara yang saat ini banyak diterapkan adalah Experiential Marketing dan Perceived Value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan serta dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif, serta menggunakan metode penelitian survei. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden, dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Experiential Marketing (X1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) dengan koefisien beta sebesar 0,259 dan dengan probabilitas 0,010 (p<0,050). Variabel Experiential Marketing (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan koefisien beta sebesar 0,109 dan dengan probabilitas sebesar 0,268 (p<0,050). Variabel Perceived Value (X2) berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) dengan koefisien beta sebesar 0,460 dan dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,050). Variabel Perceived Value (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan koefisien beta sebesar 0,054 dan dengan probabilitas sebesar 0,605 (p<0,050). Variabel Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan koefisien beta sebesar 0,593 dan dengan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,050). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan, terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan, tidak adanya pengaruh yang signifikan antara variabel Experiential Marketing dan Perceived Value terhadap Kepuasan Pelanggan.

English Abstract

Nowadays watching movies in cinema has become a lifestyle for most people, especially in urban communities. Many alternative choices of cinema will make people tend to want a different experience while watching movies in cinema. This thing encourages company to create a different value and strategy that can attract more consumers. One of the marketing strategy that currently being implemented are Experiential Marketing and Perceived Value. The purposes of this research is to know and explain the influence of the influence of Experiential Marketing and Perceived Value on Customer Satisfaction and its impact on Customer Loyalty. The research type in this research is explanatory research with a quantitative approach, and used survey as the research method. The sample used in this study were 116 respondents, with nonprobability and the purposive sampling used as the sampling technique. The analytical method used is descriptive statical analysis and path analysis. The results of this research indicated that the Experiential Marketing (X1) variable has a significant effect on the Customer Satisfaction variable (Y1) with a beta coefficient of 0,259 and with a probability of 0,010 (p<0,050). The Experiential Marketing (X2) variable does not have a significant effect on the Customer Loyalty variable (Y2) with a beta coefficient of 0.109 and with a probability of 0.268 (p <0.050). The Perceived Value variable (X2) has a significant effect on the Customer Satisfaction variable (Y1) with a beta coefficient of 0.460 and with a probability of 0.000 (p <0.050). The Perceived Value variable (X2) does not have a significant effect on the Customer Loyalty variable (Y2) with a beta coefficient of 0.054 and with a probability of 0.605 (p <0.050). Variable Customer Satisfaction (Y1) has a significant effect on Customer Loyalty variable (Y2) with beta coefficient of 0.593 and with a probability of 0.000 (p <0.050). The conclusion of this research is that there is a significant influence between Experiential Marketing and Perceived Value variables on Customer Satisfaction, there is a significant influence between Customer Satisfaction and Customer Loyalty variables, there is no significant influence between Experiential Marketing and Perceived Value variables on Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/544/051906796
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Perceived Value, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan-Experiential Marketing, Perceived Value, Customer Satisfaction, Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Nov 2020 05:26
Last Modified: 21 Oct 2021 05:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172847
[thumbnail of Rizky Ananda Putra.pdf]
Preview
Text
Rizky Ananda Putra.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item