Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Labore Coffee Eatery)

Sarah, Meidina (2019) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Labore Coffee Eatery). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan : (1) pengaruh secara bersama-sama Experiential Marketing yang terdiri dari lima variabel yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate terhadap Loyalitas Pelanggan. (2) pengaruh secara bersama-sama Experiential Marketing yang terdiri dari lima variabel yaitu Sense, Feel, Think, Act, dan Relate terhadap Loyalitas Pelanggan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 116 orang responden pelanggan Labore Coffee Eatery yang telah melakukan pembelian produk Labore Coffee Eatery lebih dari satu kali serta berusia lebih ≥ 17 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel bebas Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), dan Relate (X5) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Hal ini terbukti dari hasil nilai sig. F (0,000) < sig. α (0,05) dan hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,562 atau setara dengan 56,2%. Secara parsial, variabel bebas Experiential Marketing yang terdiri dari variabel Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), dan Relate (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan (Y). Hal ini terbukti pada seluruh variabel bebas hasil nilai sig. t < sig. α (0,05).

English Abstract

This research has purpose to examine and explain: (1) the effect of jointly Experiential Marketing which consists of five variables: Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Customer Loyalty. (2) The joint effect of Experiential Marketing which consists of five variables: Sense, Feel, Think, Act, and Relate to Customer Loyalty. The type of research used in this research is explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used was purposive sampling with the sample of 116 customer respondents Labore Coffee Eatery who had bought Labore Coffee Eatery products more than once and more than 17 years old. The data collection method used is a questionnaire. The data analysis technique used in this research is descriptive statistical analysis using multiple linear regression analysis. The result from this research indicates that the independent variables Experiential Marketing consisting of variables Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5) have jointly significant effect with the dependent variable, which is Customer Loyalty (Y). This is proven from the results of the sig value. F (0,000) <sig. α (0.05) and the results of the determination coefficient (Adjusted R Square) of 0.562 or equivalent to 56.2%. Partially, the independent variables Experiential Marketing consisting of variables Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), and Relate (X5) significantly affect the dependent variable, Customer Loyalty (Y). This is proven in all independent variables resulting from the sig value. t <sig. α (0.05).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/214/051906162
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing dan Loyalitas Pelanggan, Experiential Marketing and Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:17
Last Modified: 10 Nov 2020 03:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172824
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item