Analisis Faktor Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Cokelat Klasik (Studi Kasus di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang).

Prasetyo, Akbar Budi (2019) Analisis Faktor Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Produk Cokelat Klasik (Studi Kasus di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kakao merupakan komoditas yang saat ini permintaannya terus meningkat dari tahun ke tahun. Permintaan kakao yang tinggi menyebabkan banyak perusahaan tertarik untuk membuka industri pada komoditas tersebut. Hal tersebut menyebabkan ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan. CV. Klasik adalah perusahaan yang mengeluarkan produk minuman cokelat dengan merek Cokelat Klasik. Cokelat Klasik adalah produk yang berbahan dasar cokelat murni yang telah diolah menjadi minuman cokelat siap minum. Perusahaan tersebut mempunyai citra merek (brand image) positif dari konsumennya. Citra merek positif menguntungkan perusahaan karena dapat meningkatkan penjualan melalui keputusan pembelian. Alasan mengapa konsumen mau membeli suatu produk, salah satunya adalah melalui citra merek atau brand image. Perusahaan melakukan Berbagai upaya guna menciptakan atau mempertahankan citra merek yang positif kepada konsumen. Ketatnya persaingan bisnis yang ada di Kota Malang membuat CV. Klasik harus menentukan strategi agar dapat bertahan pada pasar dan tetap menjadi market leader. CV. Klasik akan tersaingi jika perusahaan pesaing memiliki citra merek yang setara sehingga konsumen akan dapat berpindah ke produk pesaing yang harganya lebih murah, sehingga dibutuhkan penelitian mengenai pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini membahas mengenai faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk Cokelat Klasik yang ada di Kelurahan Lowokwaru, Kota Malang dengan faktor yang didalami adalah citra merek (brand image). Brand image terbagi menjadi tujuh variabel yaitu kualitas, citra, manfaat, pelayanan, harga, risiko dan kepercayaan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang pada 14 booth Cokelat Klasik yang tersebar di daerah tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan angket kepada responden yang berjumlah 68 orang. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk Cokelat Klasik dan menganalisis faktor-faktor yang paling dominan dari citra merek dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk Cokelat Klasik di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Data responden diperoleh menggunakan angket. Data berupa skala likert dari masing-masing indikator variabel. Pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik dilakukan dengan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear berganda berupa uji t dan uji F serta uji koefisien determinasi. Kesimpulan penelitian ini adalah hanya variabel risiko dan kepercayaan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut diketahui dari nilai signifikansi t yang kurang dari 0,05. Hasil penelitian ini juga menyebutkan bahwa citra merek secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel citra merek berpengaruh sebesar 68% terhadap keputusan pembelian, sementara sisanya 32% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini. Saran yang dapat diberikan yaitu perusahaan dapat mempertahankan kepercayaan konsumen dengan tidak berganti komposisi. Perusahaan juga dapat mengoptimalkan harga dan kualitas agar konsumen semakin yakin dalam memilh produk Cokelat Klasik.

English Abstract

Cocoa is a commodity that the demand is currently increasing every year. The high demand for cocoa has caused many companies to be interested in opening the industry to these commodities. It caused intense business competition between companies. CV. Klasik is a company that releases chocolate beverage products with the Cokelat Klasik brand. Cokelat Klasik is a product made from pure chocolate which has been processed into ready-to-drink chocolate drinks. The company has a positive brand image from its customers. Positive brand image benefits the company because it can increase sales through purchasing decisions. The reason why consumers want to buy a product, one of which is through a brand image. The company carries out various efforts to create or maintain a positive brand image to consumers. The tight competition in the Malang City makes CV. Klasik must determine the strategy in order to survive on the market and still be the market leader. CV. Klasik will be rivaled if competing companies have an equivalent brand image so that consumers will be able to move to competitor products that are cheaper, so research is needed on the effect of brand image on purchase decisions. This study discusses the factors that influence the purchase decision of Cokelat Klasik products in Lowokwaru Subdistrict, Malang City with the factor that being explored is brand image. Brand image is divided into seven variables, namely quality, image, service, benefits, price, risk and trust. This research was conducted at Lowokwaru Subdistrict, Malang City by focusing on 14 Cokelat Klasik’s booths which were spread in the area. Data retrieval is done by giving a questionnaire to respondents who has conducted to 68 people. The purposes of this study are to analyze the influence of brand image on consumer’s purchase decision of Cokelat Klasik products and analyze the most dominant factors of brand image in influencing consumer’s purchase decision of Cokelat Klasik products in Lowokwaru Subdistrict, Malang City. The data is in the form of a likert scale from each variable indicator. The research instrument testing was carried out by validity and reliability test. The classic assumption test is done by normality test, multicollinearity test and heteroscedasticity test. Hypothesis testing is done by multiple linear regression tests in the form of t test and F test and test the coefficient of determination. The results of this study are that of the seven variables tested, only the risk and trust variables have a significant effect on consumers purchase decision. This is known with a significance of t value which is less than 0.05. The results of this study also state that brand image simultaneously has a significant effect on consumers purchase decision. The brand image variable has an effect of 68% on consumers purchase decision, while the remaining 32% is influenced by other variables not included in this study. Suggestions that can be given are companies can maintain consumer confidence by not changing the composition. Companies can also optimize the service quality by doing supervision to the seller.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2019/41/051906790
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:38
Last Modified: 10 Aug 2020 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172749
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item