Pengaruh Harga dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Restoran Geprek Bensu Cabang Soekarno Hatta Malang)

Lestari, Savitri Endah (2019) Pengaruh Harga dan Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Konsumen Restoran Geprek Bensu Cabang Soekarno Hatta Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Restoran Geprek Bensu Cabang Soekarno Hatta Malang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi dan membeli makanan minimal 1 kali pembelian di Restoran Geprek Bensu Cabang Soekarno Hatta Malang dan berusia minimal 17 tahun. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 115 orang responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner. Metode sampel yang digunakan penelitian ini yaitu non probability sampling yaitu jenis purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, variabel harga (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) sebesar 3,253. Kedua, variabel kualitas makanan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y) sebesar 6,282. Ketiga, variabel harga (X1) dan kualitas makanan (X2) berkorelasi yang signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y) sebesar 52,5%. Sedangkan sisanya 47,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

English Abstract

This study aims to determine the effect of price and quality of food on customer satisfaction in consumers of the restaurant Geprek Bensu Soekarno Hatta Branch Malang. The type of research used is explanatory research and uses a quantitative approach. The population in this study are all consumers who consume and buy food at least 1 time purchase at Geprek Bensu Restaurant, Soekarno Hatta Branch, Malang, and at least 17 years old. The number of samples in this study amounted to 115 respondents. Data collection techniques used were questionnaires. The sample method used in this study is non probability sampling, namely the type of purposive sampling. The analytical method used is the classic assumption test and multiple linear analysis. The results of this study indicate that first, the price variable (X1) has a positive and significant effect on the variable customer satisfaction (Y) of 3.253. Second, the variable of food quality (X2) has a positive and significant influence on the variable of customer satisfaction (Y) of 6.282. Third, the price variable (X1) and food quality (X2) correlates significantly with customer satisfaction (Y) of 52.5%. While the remaining 47.5% is influenced by variables not examined in this study.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/520/051906647
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Makanan dan Kepuasan Konsumen-Price, Food Quality and Customer Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:21
Last Modified: 21 Oct 2021 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172705
[thumbnail of Savitri Endah Lestari.pdf]
Preview
Text
Savitri Endah Lestari.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item