Kusumaningtyas, Radias (2019) Inovasi Perizinan Melalui Kediri Single Window For Investment (Kswi) (Studi Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian tentang Inovasi Perizinan Melalui Teknologi Kediri Single Window for Investment di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri, menetapkan rumusan masalah sebagai berikut : 1) Bagaimana Pelaksanaan Inovasi Perizinan Melalui KSWI di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri?; 2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Inovasi Perizinan Melalui KSWI di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri? Penelian ini adalah penelitian kualitatif dengan jeniis penelitian deskriptif dan hanya dibatasi dengan fokus penelitian sebagai berikut : 1) Pelaksanaan Inovasi Melalui Teknologi KSWI di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri; 2) Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Inovasi Perizinan Melalui KSWI di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kota Kediri saat ini sudah menjalankan Inovasi Perizinan Melalui Teknologi berbasis elektronik atau online. Berdasarkan data yang ditemukan layanan KSWI ini, merupakan sebuah inovasi, karena menawarkan cara baru yang digunakan masyarakat dalam mendapatkan atau mendaftarkan izinnya. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri melakukan perubahan proses perizinannya melalui Layanan KSWI terlihat dari perbedaan alur prosedur dengan layanan sebelumnya. Layanan sekarang, pemohon melakukan pendaftaran secara online yang mendaftarkan izinnya memerlukan beberapa menit saja, Layanan sebelumnya, pemohon harus bolak balik kantor Dinas Perizinan untuk melengkapi data untuk mendaftarkan izinnya. Pelayanan paket perizinan online pada layanan KSWI ini merupakan salah satu pilihan model pelayanan yang ditawarekan untuk masyarakat atau pemohon. Namun Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri selalu mewajibkan pengurusan izin melalui paket perizinan online, dikarenakan dapat mempercepat dan menyederhanakan proses izin. Layanan KSWI ini pada awalnya tidak dapat langsung diterima oleh masyarakat, karena metodenya yang baru menggunakan online, karena ada beberapa masyarakat yang kurang mengerti dengan kemajuan teknologi yang sekarang semakin maju. Dikarenakan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri kurang sosialisasi. Sekarang ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satuviii Pintu Kota Kediri lebih gencar untuk melakukan sosialisasi melalui pameran serta pelayanan keliling. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Kediri saat ini bekerjasama dengan pihak Bank Jatim, yang saat ini terkait dengan pembayaran perizinan. Sekarang Dinas Perizinan ini menggunakan EArsip untuk mempermudah pegawai bekerja dan mempermudah pemohon untuk memperpanjang izinnya. Pendaftaran izin melalui online ini diharapkan sebagai penggerak roda perekonomian dan penyerapan tenaga kerja bagi pemohon atau masyarakat yang bertempat tinggal di Kota Kediri dan sekitarnya.
English Abstract
Problems formulation of Research on Licensing Innovation Using Kediri Single Window for Investment Technology in the Kediri Investment and OneStop Service Office, sets out the following: 1) How is the Implementation of Licensing Innovations using the KSWI in Kediri Investment and Integrated OneStop Service ?; 2) What are the Supporting Factors and the Inhibiting Factors of Licensing Innovation using KSWI in the Kediri City Investment and Integrated One-Stop Service? This research is a qualitative research with descriptive research techniques and is only limited by the focus of research as follows: 1) Implementation of Innovation Through KSWI Technology in Kediri Investment and Integrated OneStop Service; 2) Supporting Factors and Inhibiting Factors in Licensing Innovation through KSWI in Kediri City Investment and Integrated Services. The results of this study indicate that the Kediri City Investment and Integrated Services Office used Licensing Innovations through electronic or online based technology. Based on data found by KSWI's service, it was an innovation, because it offered a new way that people used in obtaining or registering their licenses. Kediri City's Integrated One Stop Investment and Service Office changes its licensing process through the KSWI Service, seen from the different flow of procedures with previous services. The services asked applicants to register online their licenses only a few minutes. Previous services, applicants must go back and forth to the Licensing Service office to complete the data to register their licenses. The online licensing package service for KSWI services is one of the choices of service models offered to the public or applicants. However, the Kediri City Investment and Integrated Services Office always required the management of permits through an online licensing package, because it can speed up and simplify the permit process. KSWI's service was initially not immediately accepted by user, because the new method used online, because there were some people who did not understand because the Kediri City Investment and Integrated Services Office lacks socialization. Now the Kediri City Integrated One Stop Service and Investment Service is more vigorous to carry out socialization through exhibitions and mobile services. The Kediri City Investment and Integrated One-Stop Service Office currently collaborate with Bank Jatim, which was currently associated with licensing payments. Now this Licensing Service uses E-Archives to make it easier for employees to work and make it easier for applicants to extend their licenses. Registration of permits through online wasx expected to act as a driver of the economy and employment for applicants or communities residing in the City of Kediri and its surroundings.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/108/051906055 |
Uncontrolled Keywords: | Kediri Single Window for Investment, Inovasi, Pelayanan Publik, Kediri Single Window for Investment, Innovation, Public Service. |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 16:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172627 |
Preview |
Text
RADIAS KUSUMANINGTYAS (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |