Hartoyo, Gilar Aditiyo (2019) Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan (Survei pada Pengunjung Domestik di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh secara simultan antara variabel Fasilitas Wisata dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengunjung. (2) pengaruh secara parsial antara variabel Fasilitas Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung. (3) pengaruh secara parsial antara variabel Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengunjung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali dengan populasi yaitu pengunjung domestik yang telah berkunjung di lokasi tersebut. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin & Chambell sehingga mendapatkan sampel sebanyak 116 responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menyebarkan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 62,024 > 3,077 dan nilai signifikasi F sebesar 0,000 < α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Fasilitas Wisata (X1) dan Kualitas Layanan (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pengunjung (Y). Perhitungan menggunakan uji-t atau perhitungan secara parsial, menunjukkan bahwa variabel Fasilitas Wisata (X1) memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 2,768> 1,981 atau nilai signifikasi t sebesar 0,007 < α = 0,05 maka Fasilitas Wisata memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y). Perhitungan menggunakan uji-t juga menunjukkan bahwa variabel Kualitas Layanan (X2) memiliki nilai thitung > ttabel yaitu 4,806> 1,981 atau nilai sig. t (0,000) < α = 0,05 maka Kualitas Layanan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung (Y).
English Abstract
This study aims to determine: (1) the simultaneous influence between variables of Tourism Facilities and Service Quality on Visitor Satisfaction; (2) partial influence of variable Tourism Facilities towards Visitor Satisfaction; (3) partial influence of variable Service Quality towards Visitor Satisfaction. The type of research is explanatory research with a quantitative approach. The location of this research are at Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali with domestic visitors who had visited the location as a respondents. The sampling technique is purposive sampling technique with Machin & Chambell’s formula to get a sample of 116 respondents. The method of data collection was carried out by distributing questionnaires. Data analysis techniques in this study were descriptive analysis techniques and multiple linear regression analysis. The results of multiple linear regression analysis in this study show that the value of Fcount> Ftable is 62,024> 3,077 and the significance value of F is 0,000 <α = 0,05. This shows that Tourism Facilities (X1) and Service Quality (X2) simultaneously have a significant effect on Visitor Satisfaction variable (Y). The result of calculation with t-test or partial calculation, that the Tourism Facilities variable (X1) has a tcount> ttable which is 2.768> 1.981 or the significance value of t is 0.007 <α = 0.05 then the Tourism Facility has a significant influence on Visitor Satisfaction (Y). The calculation using the t-test also shows that the Service Quality variable (X2) has a tcount> ttable, which is 4.806> 1.981 or the significance value of t is 0,000 <α = 0.05 then Service Quality (X2) has a significant influence on Visitor Satisfaction (Y).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2019/511/051906638 |
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Wisata, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengunjung-Tourism Facilities, Service Quality, Visitor Satisfaction. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 16:23 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 05:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172550 |
Preview |
Text
Gilar Aditiyo Hartoyo.pdf Download (22MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |