Penggunaan Golden Circle Concept pada Penulisan Copywriting terhadap Customer Experience (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan Metode True Experiment)

Raswhita, Aldillah Rizky (2019) Penggunaan Golden Circle Concept pada Penulisan Copywriting terhadap Customer Experience (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dengan Metode True Experiment). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Populer dengan konsep kepemimpinan yang berjudul Golden Circle Concept, Sinek menerangkan tiga lingkarang penting pada kepemimpinan yang dimlai dengan Why (mengapa) yang menduduki lingkaran terluar, How (bagaimana) yang ada di lingkarang tengah dan What (apa) pada lingkarang terluar. Menurut Sinek, ketika kita menjual produk dan berkomunikasi dari lingkaran dalam ke luar, Why (mengapa) adalah alasan yang kita beli, How (bagaimana) adalah cara mewujudkan Why dan What (apa) yang dijual berfungsi sebagai bentuk rasional dari keyakinan itu. Apple Inc. menjadi salah satu perusahaan yang menerapkan konsep ini dalam berkomunikasi kepada target pasarnya melalui copywriting yang ada di situs Apple Inc. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh penerapan konsep Golden Circle pada penulisan copywriting dalam meningkatkan Customer Experience. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan eksperimen kepada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya sebagai responden penelitian eksperimen untuk menguji adanya pengaruh penerapan konsep Golden Circle pada penulisan copywriting Apple Inc pada audiens. Teknik analisis data yang digunakan adalan teknik analisis deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan konsep Golden Circle sangat penting, tetapi pada konteks penelitian kali ini tidak menunjukkan adanya pengaruh dan perubahan signifikan pada variabel customer experience. Diperlukan komponen lain selain copywriting untuk mengukur customer experience seperti kualitas produk yang ditawarkan, interaksi customer service dengan pelanggan dan bagaimana cara penyampaian produk yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Penggunaan konsep Golden Circle sangat penting untuk mengkomunikasikan Why atau mengapa atau belief atau keyakinan yang diyakini perusahaan kepada target pasar dalam membantu sales atau penjualan.

English Abstract

Popular with the leadership concept entitled Golden Circle Concept, Sinek explains three important circles on leadership that are valued by Why occupies the outer circle, How is in the middle circle and What is in the outer circle. According to Sinek, when we sell products and communicate from the inner circle to the outside, Why is the reason we buy, How is the way to realize the Why and What is sold serves as a rational form of that belief. Apple Inc. become one of the companies that apply this concept in communicating to their target markets through copywriting on the Apple Inc. website. The purpose of this study is to examine the influence of the application of the Golden Circle concept on copywriting writing in improving Customer Experience. This research is an experimental study with a quantitative approach. The author conducted an experiment on Brawijaya University Faculty of Administrative Sciences students as respondents to experimental research to examine the effect of applying the Golden Circle concept to writing Apple Inc. copywriting to the audience. Data analysis techniques used are descriptive analysis techniques and frequency distributions. The results of this study indicate that the use of the Golden Circle concept is very important, but in the context of this research it does not show any significant influence and change in the customer experience. Other components besides copywriting are needed to measure customer experience such as the quality of products offered, customer service interactions with customers and how to deliver products offered by the company to customers. The use of the Golden Circle concept is very important to communicate the Why or beliefs that the company believes in the target market in helping sales or sales.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/467/051906471
Uncontrolled Keywords: Golden Circle Concept, copywriting Apple Inc., meningkatkan Customer Experience, Metode True Experiment
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:37
Last Modified: 05 Nov 2020 04:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/172490
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item